Monday 28 May 2018

Youtube Ads : Review 13

Selesai sahur dan Sambil menunggu adzan subuh, saya membuka handphone. Kebetulan ada teman saya share link berita video youtube Hanum Rais tentang perjuangan beliau memiliki anak selama 11 tahun.

Karena penasaran saya klik lah.
Link tersebut langsung mengantarkan saya pada aplikasi youtube saya. Dan video pun dimulai. Baru beberapa detik, langsung muncul pop up youtube ads (advertisements) warrior ninja perempuan berpakaian sexy, yang diminta untuk dipegang. Saat ada yang memegang bagian (maaf) bokongnya, ia pun mengeluarkan suara genit mendesah.

Ya Rab..
Langsung saya screen shoot (SS). Lalu setelah solat subuh saya share lah SS tersebut ke ka Wina Risman via wa. 

Kami pun berdiskusi cukup panjang. Bagaimana keresahan saya yang tiba-tiba dimunculkan iklan tsb padahal yang saya tonton adalah video yang baik, dan related videosnya pun gak ada yang macem-macem.

Saya ceritakan bahwa saya langsung cek ads setting di aplikasi saya. Ternyata by default, semua category termasuk Blues category dicentang oleh setting Youtube akun saya. Artinya by default memang mungkin hampir semua akun youtube akan disuguhkan banyak ads dengan variasi porn ads. Itu saya yang melihat. Bagaimana jika anak-anak yang sedang melihat film kartun atau tayangan mendidik di youtube tiba-tiba disuguhkan ads tersebut dan mereka penasaran? Hiks tragedi zaman now😢

Ka Wina pun mengingatkan.. Bayangin berapa juta orang tua yang terlena? Sementara fenomena diluar sana, kita lihat balita sangat attached to gadget, terutama pas makan. Kalau gak dikasih, gak makan.

And the sad part is, those balita, will be our children's classmate, roommate, workmate....in life.

Sedih ya.. 

Lalu ka Wina kembali mengingatkan..
We keep trying to do our best. That is why it is EXTREMELY important, that our children have a good environment to grow up in. Until they are strong enough to decide which to follow which not. It takes villages to raise our children.

And that is why while doing out best at raising our children, we help others being aware and educate them as well.

Bukan krn kita sudah betul/bagus, tapi karena kita sudah tahu, walau masih berjuang. May Allah protect us always. Aamiin..

Saya pun berdoa..
Semoga Allah SWT senantiasa menjaga kita dan generasi penerus bangsa dan agama agar terhindar dari hal-hal yang tidak benar. Agar mereka memiliki self defense dan self filter yang baik untuk membedakan mana yang hak dan yang bathil. Aamiin..

Our enemy to protect our children is real. Let us be aware and educate as well as raise our children as best as we could..


#Level11
#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#FitrahSeksualitasAnak
#LearningbyTeaching
#Review13

No comments:

Post a Comment