Friday 18 May 2018

Fitrah Seksualitas Anak: Review 2

Salah satu yang saya syukuri pada game level 11 ini adalah saya banyak belajar dari teman-teman sekelas saya di kelas Bunsay Gabungan #2 ini. Barakallah teman-teman atas sharing ilmunya :”)

Kali ini giliran group 2 yang mempresentasikan hasil diskusi tim mereka. Bunda Emi, Bunda Irma, Bunda Azizah, dan Bunda Febrianti mengatakan bahwa mereka melihat dari isu sosial yang ada di sekitar mereka.

Dengan judul presentasi “Fitrah Seksualitas”, Group 2 menjelaskan bahwa dengan menumbuhkan fitrah seksualitas anak akan lebih memahami siapa dirinya, untuk apa ia diciptakan dan apa misi yang diembannya. Tentunya secara umum misi manusia diciptakan sebagai khalifah dan abdillah yaitu pemimpin dan pengabdi Allah SWT :”)

Group 2 pun memaparkan tantangan yang ditemui di sekeliling mereka, mulai dari kasus dilegalkannya LGBT di Australia misalnya, hingga kasus pedofil yang semakin marak terjadi.

Solusi yang ditawarkan oleh Group 2 tentu saja dengan melibatkan peran orang tua di masa-masa krusial anak. Bahkan mereka menjelaskan bahwa ada rentang usia fitral seksualitas anak dan bagaimana seharusnya orang tua berperan. 

Misalnya rentang usia 0-2 tahun, bonding terutama harus dibangun dengan sang ibu. Pada masa ini anak dapat dikenalkan terkait anggota tubuh serta toilet training. Pun dengan rentang usia 3-7 tahun, 7-10 tahun hingga 10-14 tahun pun anak memiliki periode fitrah seksualitas yang berbeda. Orang tua harus memahami sehingga peran mereka akan sesuai dengan apa yang sebenarnya diperlukan oleh sang anak.

Media edukasi yang ditawarkan oleh Group 2 pun tidak kalah kreatif dengan sebelumnya. Mereka memberikan sebuah dongeng yang berjudul “Ahmad Berani Tidur Sendiri” karya Bunda Irma Februantini. Disitu digambarkan bagaimana Ahmad yang harus pisah kamar dengan kakaknya dan bagaimana ia dapat mengatasi rasa takutnya serta bagaimana orang tua Ahmad melakukan peran yang diperlukannya.

Sungguh kreatif :) Barakallah Group 2..

Dan saya pun menjadi penasaran, sebenarnya bagaimana dan kapan sebaiknya anak dipisahkan tidurnya dengan kedua orang tuanya? Ini masih menjadi PR untuk saya pribadi..

Bunda Irma menjelaskan bahwa pemisahan maksimal pada usia 10 tahun. Tapi untuk memulainya terserah usia berapa saja. Tentu metodenya harus dicoba yang sesuai dengan karakter anak. Maka kita harus mencari metode yang tepat pendekatannya seperti apa.

Terima kasih Group 2 atas inspirasinya😘 


#Level11
#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#FitrahSeksualitasAnak
#LearningbyTeaching
#Review2

No comments:

Post a Comment