Monday 28 May 2018

Fitrah Seksualitas Anak: Review 12

Gak terasa Ramadhan sudah memasuki malam ke 13. Setelah libur dua hari, kali ini kelompok 9 yang terdiri dari bunda Ade, bunda Mardhatillah, bunda Titik dan Bunda Zulfia mendapat giliran untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka yang membahas tentang “Fitrah Seksualitas Anak dalam Menangkal Kekerasan Seksual Pada Anak”.

Tema ini diangkat dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya kasus kekerasan seksualitas pada anak, terutama pada anak laki-laki. Bentuk kekerasan dan pelecehan seksual ini dilakukan di banyak tempat mulai dari lingkungan rumah, sekolah dan tempat anak bermain. Naudzubillah..

Dan biasanya pelaku adalah korban pelecehan seksual juga. Ibaratnya pelaku “membalas dendam” atas apa yang terjadi padanya di masa lalu, kemudian melakukan kembali hal tsb kepada orang lain. Kalau dipikir-pikir ini seperti lingkaran setan (vicious circle) yang terus berputar jika sedari awal tidak ada tindakan preventif apapun untuk mencegahnya.

Maka Group 9 sangat menganjurkan peran keluarga yang paling utama untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan tersebut. Orang tua harus membersamai anak, mengajak anak untuk berdiskusi, memperkenalkan batasan aurat, memperkuat keimanan dan doa agar anak keturunan kita dilindungi oleh Allah SWT. Aamiin..

Dan sebagai media edukasi, Group 9 menampilkan media edukasi berupa lagu untuk melindungi tubuh masing-masing karya bunda Ade dan komik karya bunda Titik. Super keren dan the best banget :”)

Barakallah Group 9. Really proud of you!!


#Level11
#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#FitrahSeksualitasAnak
#LearningbyTeaching
#Review12

No comments:

Post a Comment