Tuesday 1 May 2018

Mendongeng: Day 13

Hari ini bertepatan dengan Labour Day 1 Mei 2018. Kebetulan saya diberi amanah oleh Forum Komunikasi Muslimah Indonesia di Malaysia (Fokma) untuk menjadi MC (pembawa acara) pada acara seminar tahunan Fokma di Aula Hasanuddin KBRI Kuala Lumpur. 

Acara tsb mengangkat tema “Motivasi Menghadapi Problematika Perantau di Malaysia” dengan menghadirkan dua orang pembicara dari Indonesia yaitu Dr. Muhammad Iqbal (Dekan Fakultas Psikologi, di salah satu universitas swasta di Indonesia) dan Heni Sri Sundani (penggerak #GerakanAnakPetaniCerdas) yang memang pakar di bidang perantauan. Dr. Iqbal disertasinya tentang TKI di Malaysia, sedangkan Heni Sri Sundani merupakan mantan TKW Hongkong yang banyak berkontribusi bagi tanah air sekembalinya beliau ke Indonesia.

Alhamdulillah.. acara yang dihadiri oleh sekitar 500 orang peserta dari berbagai kalangan mulai dari pekerja kilang, mahasiswa, ekspatriat, ibu rumah tangga berjalan dengan lancar. 

Dua orang pembicara sharing pengalaman mereka dan memotivasi para peserta untuk memiliki sikap dan mindset positif di dalam menghadapi tantangan dan permasalahan yang ada.

Dr. Iqbal menekankan pentingnya untuk bermimpi besar, dan sekaligus memiliki mental pejuang di dalam meraih mimpi tsb. Kita tidak dilarang untuk bermimpi besar karena kita memiliki Allah yang Maha Besar. Dan tentunya kita harus mensinergikan antara satu mimpi dengan mimpi lainnya.. :)

Heni berpesan agar kita harus menjadikan semua permasalahan menjadi peluang untuk berbuat. Lakukan mulai dari hal kecil, apa yang bisa diperbuat tanpa bergantung pada pihak lain. Dan lakukan sekarang juga. Itulah yang diperlukan agar kita menjadi pribadi bermanfaat bagi umat.

Kedua pembicara pun membeberkan pengalaman pribadi mereka selama di perantauan. Dan kisah mereka sangat inspiratif sekali. MasyaAllah.. :)

Acara dimulai tepat pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore. Dan alhamdulillah saya pun dijemput Afifa dan Papa Afifa seselesainya acara tsb. Pada kesempatan tersebut, saya pun mendongeng pada Afifa. Berkisah tentang kisah pembicara hari ini, disesuaikan dengan bahasa yang mudah Afifa pahami. 

Afifa mendengarkan dengan dengan seksama. Tapi namanya bocil 3.5 tahun, doi malah request: “Mah.. udah, sekarang Mama cerita Cici si Kelinci aja ya..” πŸ˜‚πŸ€£

Ternyata tokoh fabel lebih ia rindukan.. πŸ˜‚ Maka mengalirlah cerita tentang Cici si Kelinci tentang “Menjaga Amanah”. Untuk episode besok aja ya saya ceritakan. Hehehhe.. PissπŸ€—


#kuliahbunsayiip
#tantangan10hari
#grabyourimagination
#level10
#day13

No comments:

Post a Comment