Thursday 7 September 2017

Tantangan 10 Hari Game Level 4 Day 1

Alhamdulillah wa syukurillah.. perjalanan kelas Bunda Sayang sudah memasuki bulan ke-4. Artinya kami sudah memasuki penghujung Caturwulan pertama :")

Daaan... tantangan 10 hari pada game level 4 ini semakin menantang. Kami diminta untuk mengobservasi gaya belajar anak apakah mereka termasuk dominan pada kategori audio (mendengar), visual (melihat), ataukah kinestetik (gerakan). 

Setelah saya baca-baca beberapa sumber, sepertinya observasi ini meskipun dengan hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas harian, sebaiknya harus dipersiapkan dengan sebaiknya. Nah proses persiapan inilah yang lacking pada saya untuk game ini. Jujur minggu ini saya full, saya niat untuk membeli puzzle, kertas mewarnai, dll untuk mendukung game ini ga sempat.. 😅

Jadi.. berbekal dengan apa yang ada di rumah, saya pun memulai observasi pada tanggal 6 september 2017 dan dilaporkan pada hari ini.

Audio
Bentuk kegiatan yang kami lakukan pertama adalah mendengar musik. Beberapa lagu ex penyanyi cilik Tasya pada album Ketupat Lebaran (iya saya jadul hehe), Harris J pada album Salam, dan Opick menjadi pilihan kami. Jadi saya ingin mendengar apakah Afifa cepat menangkap nada-nada tsb. Ternyata Afifa cukup cepat untuk mengulangi sebagian-sebagian dari lagu-lagu tersebut.

Visual dan Audio
Mengapa saya juga gabung, karena jujur saya bingung bagaimana aktivitas untuk mengobservasi khusus visual. Hihi.. yang saya lakukan adalah membacakan cerita. Saya ingin tau apakah Afifa lebih tertarik pada gambar ataukah mendengarkan saya bercerita. Ternyata Afifa tekun mendengarkan saya bercerita, dan perhatian pula pada detail gambar.

Kinestetik
Afifa di rumah relatif tidak berlari ke sana ke mari. Dia lebih suka bermain boneka, membaca buku, dan aktivitas yang cewek banget deh. Hihi.. dia akan berlarian ke sana ke mari kalau di lapangan yang luas, nah baru deh lari-lari. Atau lagi ada temannya untuk berlari-lari. 


#Tantangan10hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#Day1

No comments:

Post a Comment