Monday 18 September 2017

Tantangan 10 Hari Game Level 4 Day 13

Sudah hampir dua minggu lamanya saya mengobservasi gaya bermain (belajar Afifa). Kali ini yang saya lakukan adalah bercerita dan meminta Afifa untuk bercerita dengan menggunakan sebuah alat bantu. Pilihan jatuh kepada mobil-mobilan warna kuning. Afifa meminta saya dulu yang bercerita.
M: "Pada suatu hari, ada seseorang naik mobil warna kuning untuk pergi ke suatu tempat. Ternyata di jalan dia hampir kehabisan bensin. Untungnya ada pom bensin di depan, jadi dia menepi ke pom bensin dan mengisi mobilnya tersebut. Alhamdulillah.. setelah diisikan ia dapat melanjutkan perjalanannya lagi dengan aman dan selamat."
Afifa mendengarkan dan memerhatikan. Ia pun tersenyum puas saat saya selesai bercerita secara singkat itu.
A: "Yeay yeay Mama menang." 
M: "Sekarang Afifa ya yang cerita pakai mobil ini."
A: "Wata harinya (suatu hari), ada mobil kuning. Eh abis bensinnya.. terus isi bensin deh.. terus bisa jalan lagi deh.. yeay yeay Afifa menang."
Haahhahahahahaa kami pun tertawa. Jadi ternyata cerita yang saya berikan diulang olehnya. Tapi disitu saya bisa melihat kemampuan auditory-nya yang cukup baik. Bagaimana ia dapat mengulang kembali apa yang ia dengar.

Setelah game bercerita, Afifa ingin bermain gambar-gambar. Ini pun melatih kreativitasnya dan gaya belajar visualnya. Sret sret sret.. ia pun "menggambar" sesuai dengan imajinasi yang ada di dalam pikirannya.
A: "Udah mah.."
M: "Gambar apa sayang?"
A: "Belalang.."
M: "Masya Allah mantaaap.."
A: "Sekarang Mama bikin kupu-kupu di tangan Afifa."
M: "Nanti kotor tangan Afifa."
A: "Bagus mah. Kaya temen Afifa."
Akhirnya saya pun menggambarkan kupu-kupu di atas punggung tangannya. Saat selesai, matanya berbinar-binar sambil bilang, "Bagus mah.." What a simple form of happiness :")

Selanjutnya permainan lain pun ia lakukan. Kali ini gaya kinestetiknya pun terasah saat ia ingin mengambil mainannya yg terletak cukup tinggi dari jangkauannya, ia tidak menyerah. Ia berpikir bagaimana caranya agar mainan tersebut dapat dijangkaunya. Kemudian ia tumpuk dua buah bantal sebagai pijakannya sehingga membuat badannya lebih tinggi. Dan hap barangnya pun ia dapatkan. Hehehe.. alhamdulillah..

#Tantangan10hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#Day13

No comments:

Post a Comment