Friday 15 September 2017

Tantangan 10 Hari Game Level 4 Day 10

Aktivitas weekend kali ini cukup seru, karena saya bisa fokus untuk beraktivitas bersama Afifa sekaligus mengamati alias mengobservasi gaya bermain (belajar) Afifa. Ada beberapa aktivitas yang kami lakukan.

Kinestetik
Yang kami lakukan adalah bermain lempar bola. Alat yang diperlukan adalah bola dan keranjang cucian. Permainannya sangat simple. Kami hanya berusaha untuk memasukkan bola ke dalam keranjang dengan cara dilempar dari jarak dekat hingga jauh. Tentunya Afifa hanya dari jarak dekat. Dan setiap kali dia sukses memasukkan bola ke dalam keranjang cucian, Afifa akan bersorak "Yeay yeay Afifa menang." Heheheh.. 
Setelah puas bermain bola, kami lanjutkan dengan senam SKJ. Saya meminta Afifa untuk mengikuti gerakan jalan di tempat saya. Tapi ternyata dia agak kesulitan untuk mengikuti gerakan tersebut. Ia hanya menggoyang-goyangkan tubuhnya saja mengikuti ketukan "satu.. dua.. tiga.. empat.." yang saya ucapkan. 
Selesai berolah raga ringan, kami lanjutkan dengan aktivitas menjemur baju. Afifa ikut-ikutan untuk menjemur baju di tempat-tempat yang terjangkau olehnya. Namun karena matahari semakin terik, dia pun berkata "Panas ya mah. Yuk kita ke dalam."

Auditory
Aktivitas yang saya lakukan adalah dengan memperdengarkan Afifa lagu dzikir yang tidak pernah ia dengar sebelumnya. Setelahnya saya memintanya untuk mengulanginya lagi. Dia tampak bisa bersenandung mengikuti iramanya, namun dari segi kalimatnya masih belum bisa. Wajarlah karena itu bahasa Arab, jadi tidak langsung dengan serta merta bisa diikutinya. Setelah sekitar lima hingga enam kali saya menyanyikannya, baru Afifa mulai bisa mengikuti irama dengan kalimatnya. Good job Afifa :)

Visual
Aktivitas yang dilakukan adalah dengan membuka buku yang super jarang dibuka, kemudian saya memintanya untuk membacakannya berdasarkan apa yang ia lihat. Dan Afifa cukup lancar di dalam mengamati apa yang ia lihat, kemudian ia berimajinasi dan menceritakannya kepada saya sehingga menjadi sebuah cerita. Good job Afifa :)

Dari ketiga aktivitas tersebut memang gaya bermain visual Afifa lebih unggul, diikuti dengan auditorynya baru terakhir kinestetiknya.

#Tantangan10hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#Day10

No comments:

Post a Comment