Sunday 10 September 2017

Tantangan 10 Hari Game Level 4 Day 4

Aktivitas observasi gaya belajar Afifa kali ini adalah dengan cara membuat Afifa membacakan buku cerita kepada saya. Jika biasanya saya-lah yang membacakannya buku-buku cerita, saat itu saya meminta Afifa membacakan cerita kepada saya berdasarkan buku yang ia pilih.

Awalnya Afifa tidak mau. Ia bilang bahwa ia tidak bisa. Tapi kemudian ia setuju setelah saya semangati. Akhirnya ia memilih buku "The Origin of My Name" alias "Asal Muasal Namaku".

Game ini bertujuan melihat apakah Afifa mengingat alur cerita yang pernah saya bacakan kepadanya, itu akan melatih kemampuan visual dan auditory-nya. Serta bagaimana ia menceritakannya apakah menggunakan gerakan tangan atau tidak, sehingga saya dapat melihat kemampuan kinestetisnya.

Afifa pun mulai bercerita. Saya surprise sekali. Meski dia belum bisa merangkai kalimat secara sempurna, tetapi ia dapat menyampaikan cerita tersebut secara utuh.

"Ibu Susi di pasar.. beli ikan.. onde-onde.. haruuumm.. nenek-nenek beli.. abis.. ibu susi sedih.. bobo sambil nangis 'onde-onde'..." 

Hihi ia menceritakan seperti apa yang saya ceritakan. Dengan ekspresi sedih saat Ibu Susi karakter Ibunya kehabisan onde-onde. 

Cerita pun berlanjut. Dengan detail Afifa menceritakan setiap gambar yang ia lihat, hampir sesuai dengan apa yang saya bacakan. MasyaAllah..

Tapi memang selama membacakan cerita, yang menonjol darinya adalah ekspresi wajahnya. Bagaimana ia berusaha merangkai kata demi kata hingga menjadi sebuah kalimat itu yang amat priceless. Jujur gerakan tangan amat minim. Ia hanya menunjuk gambar-gambar yang menjadi highlight ceritanya. 

Hihi alhamdulillah aktivitas observasi ini berjalan dengan cukup baik :") semoga esok lebih baik lagi. Aamiin..


#Tantangan10hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#Day4

No comments:

Post a Comment