Saturday 14 July 2018

Keluarga Multimedia Day 9: Review Akun Instagram “@jouska_id”

Selain informasi tentang kebugaran, kesehatan, sampai kecantikan dan kaitannya dengan teknologi sudah saya bahas kemarin, sekarang saatnya saat akan membahas terkait bidang manajemen keuangan. Kenapa bidang ini amat penting?

Sudah menjadi pengetahuan bersama bahwa seorang Ibu dan istri memegang banyak peranan penting dalam sebuah keluarga. Peran yang tidak luput pentingnya adalah sebagai manajer keuangan keluarga.

Ternyata peran ini amat krusial dalam memengaruhi “kesehatan” sebuah keluarga. Bahkan mengatur keuangan di dalam agama Islam pun memiliki tempat yang sangat penting. 
Islam mengajarkan kita untuk mengelola keuangan, karena harta di mata agama merupakan alat untuk melakukan kebermanfaatan dan kemaslahatan yang lebih besar lagi. Misalnya di dalam QS Maryam ayat 31 Allah SWT memerintahkan kepada umat mu’min untuk berzakat selama kita hidup. 

Perencanaan keuangan ini pun telah Islam contohkan melalui kisah Nabi Yusuf as, dimana Nabi Yusuf mentakwilkan mimpi raja untuk memanage harta masyarakat saat musim panen dan musim paceklik. Selain itu,  Imam Al-Ghazali mengatakan bahwa di antara 5 dari tujuan syariah (maqashid shariah) adalah penjagaan harta (hifzul maal/protection of wealth).

Nah.. Di review kali ini, meski belum langsung berkaitan dengan manajemen keuangan secara syariah, saya akan membahas sebuah akun Instagram @Jouska_id (https://www.instagram.com/jouska_id) yang telah memiliki followers lebih dari 160 ribu akun.

Dari profile-nya, akun ini merupakan akun resmi dari sebuah independent financial advisor yang berbasis di Jakarta. Maksudnya adalah mereka merupakan sebuah perusahaan jasa konsultasi terkait financial advise yang sifatnya independen alias mandiri. 

Apa maksud kata “mandiri” disini? Mandiri maksudnya adalah mereka tidak terikat dengan perusahaan atau instansi manapun sehingga mereka tidak akan mempromosikan produk finansial secara spesifik. Misalnya “Ayo beli saham perusahaan X..” karena perusahaan X tersebut membayar mereka. Ini penting karena kemandirian ini akan menjaga objektivitas Jouska di dalam melayani konsumennya. Profil lengkapnya bisa dilihat disini ya :

Dan ternyata mereka pun memiliki aplikasi khususnya lho.. bisa dilihat di link ini : http://jouska.financial/mustreadpage.html. Tapi saya gak akan membahas tentang aplikasinya, karena saya belum install sehingga saya hanya akan mereview laman media sosial Instagram mereka saja ya.

Okeh. Jadi kenapa saya follow akun @jouska_id ini? 

Pertama, tentu saja karena akun ini sarat informasi terkait perencanaan keuangan. Akun Jouska ini sangat blak-blakan di dalam menjelaskan tema-tema keuangan yang sangat terkait dengan kehidupan kita. Misalnya terkait kredit mobil, kredit rumah, investasi, dan masih banyak lagi. 

Kedua, yang saya jatuh hati dari akun ini adalah gaya komunikasi di dalam menyampaikan informasi yang sifatnya dua arah. Selain menggunakan timeline, Jouska memanfaatkan story line untuk menyampaikan materi. Dan biasanya dibuka dengan melemparkan pertanyaan-pertanyaan kepada followers, termasuk dalam bentuk voting. Jadi saya merasa followers ikut dilibatkan di dalam pemaparan materi. Silahkan dicek di highlighted story yang ada di profile mereka yaa.. ☺️

Ketiga, materi yang disampaikan seringkali diawali oleh kisah sebuah kasus dari customer Jouska ini. Jadi gak melulu teori, tapi juga gimana sih prakteknya? Kasus apa sih yang beneran terjadi? Dan luar biasanya, kasus ini kaya cerita di sinetron, tapi kenyataan terjadi di realitas kehidupan ini.. #tsaah. Misalnya kisahnya “Siti Khadijah”, “Samudra”, “Wedding Disaster” dan masih banyak lagi, yang sangat sarat hikmah dan pelajaran yang bisa diambil. Coba deh baca satuuu aja story-nya, dijamin ketagihan. Hehehe..

Keempat, ini yang paling #jleb dari akun ini adalah mereka mengingatkan pentingnya ilmu finansial yang harus diajarkan kepada anak sedini mungkin, sama urgent-nya dengan memberikan pelajaran terkait fitrah seksualitas pada anak. In line banget dengan kurikulum Ibu Profesional ini. Kata Jouska, inti dari ilmu finansial adalah bukan pada “menabung”, tapi inti dari ilmu finansial adalah “how to spend your money”. Kenapa? Karena banyak masalah muncul karena kita gak punya ilmu yang mumpuni dalam bagaimana mengalokasikan uang kita, bagaimana memanfaatkan uang kita..

Saya jadi berpikir.. ini sangat sesuai dengan apa yang diajarkan di dalam Islam. Kelak di akhirat, kita akan ditanya terkait harta “darimana kamu mendapatkan hartamu?” Dan juga “bagaimana kamu menghabiskan hartamu?”. Iya kan? How to spend your money, your wealth becomes so relevant at this point.

Namun kekurangan dari akun ini, karena sifatnya umum, untuk semua kalangan, saya agak kesusahan mencari referensi di akun ini terkait investasi yang sesuai syariah. Wajar sih, karena Jouska kan umum ya. Hehehe..

Kedua, Jouska (sepertinya) belum ada website kecuali harus install dulu aplikasinya di handphone kita. Jadi gak hanya bisa dibuka di browser saja.

Demikian review kali ini. Semoga kita semua bisa bijak di dalam memanfaatkan harta kekayaan dan uang kita. Semoga kita semua bisa menjadi manusia yang dermawan, yang ahli zakat, infak, sedekah, wakaf, amal jariyyah dan investasi jangka panjang. Aamiin.. 😇😇😇

#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#Level12
#KeluargaMultimedia
#Day9

No comments:

Post a Comment