Wednesday 11 July 2018

Keluarga Multimedia Day 6: Review Aplikasi “Halal MUI”

Sebagai ibu rumah tangga, salah 1 tanggung jawab yang besar adalah memastikan bahwa makanan yang dimakan oleh anggota keluarga adalah makanan yang halal dan thayyib. 

Salah satu aplikasi yang bisa kita install untuk membantu kita menshortir produk-produk indonesia apakah telah memiliki sertifikat halal MUI atau tidak adalah “Halal MUI” yang dikeluarkan oleh LPPOM MUI. Tag dari aplikasi ini adalah “search, verify, register”.

Ada empat bagian utama dari aplikasi ini yaitu sebagai berikut. Pertama, “Pencarian”. Di bagian ini kita dapat mencari produk apa yang ingin kita cek status kehalalannya menurut sertifikasi MUI. Ada dua kategori yaitu “nama produk” dan “nama produsen”. Misalnya saya klik nama produk. Lalu saya key-in “Ultra”. Nah nanti semua produk bersertifikasi halal yang ada kata Ultra akan keluar.

Kedua, Direktori Halal. Di bagian ini, aplikasi Halal MUI mengklasifikasi makanan berdasarkan jenisnya. Ada lebih dari 20 kategori makanan seperti “Daging dan Olahan Daging”, “Ikan dan Produk Olahan Ikan”, “Telur, Susu dan Turunannya”, “Restoran”, “Jamu dan Herbal” dan masih banyak lagi. Nah kita tinggal pilih saja kategorinya nanti keluar deh list nama-nama produk bersertifikasi halal.

Ketiga, “news and info” merupakan bagian dari aplikasi yang memuat berita-berita seputar produk halal, LPPOM MUI dan lain sebagainya. Bagian ini merupakan press release dari LPPOM MUI.

Keempat, “Sertifikasi Halal” yaitu berisikan informasi terkait dengan bagaimana cara produsen agar mendapatkan sertifikasi halal MUI. Bagian ini sangat informatif di dalam memberikan step by step cara produsen untuk mendapatkan sertikasi halal untuk produk mereka.

Secara umum aplikasi ini cukup user friendly dalam memberikan informasi produk halal bagi konsumen maupun produsen. Namun kekurangan dari aplikasi ini terkadang cukup lambat di dalam menampilkan produk-produk halal tersebut. Misalnya saya klik kategori “Susu dan Turunannnya”, tapi di layar kosong. Harus berkali-kali refresh, atau keluar dulu. Padahal sinyal handphone saya full. 

Demikian review kali ini. Oh ya sebagai bonus, ini ada tulisan saya bersama suami dan ayah saya di jurnal yang diterbitkan Tazkia terkait kesadaran konsumen akan produk bersertifikat halal MUI. Semoga bermanfaat.



#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#Level12
#KeluargaMultimedia
#Day6

No comments:

Post a Comment