Monday 9 July 2018

Keluarga Multimedia Day 4: Review Aplikasi “Mathurat Kubra by DK”

Allah Ta’ala berfirman, Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan sore.”

Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman” (QS. Al-Ahzab: 42-43). 

Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di sore hari dan waktu kamu berada di waktu pagi hari” (QS. Ar-Rum:17).

Selain membaca Al-Quran, ada ibadah lain yang sangat dianjurkan yang telah diperintahkan Allah SWT melalui berbagai ayat-Nya maupun sunnah Rasul-Nya yaitu dzikir pagi dan petang. Dzikir pagi dan petang merupakan dzikir yang memiliki dalil yang kuat dan pembacaannya terikat pada waktu.

Salah satu dzikir pagi dan petang yang sering saya baca adalah dzikir al-matsurat yaitu dzikir pagi dan petang sesuai dengan hadist Rasulullah SAW yang disusun oleh Imam Hasan Al-Bana.

Alhamdulillah setelah saya mencari di apple store, ternyata ada aplikasi al-matsurat yang dibuat oleh Desa Kreativ Malaysia (http://desakreativ.com/). Nama aplikasinya adalah “Mathurat Kubra by DK”. Aplikasi ini sesuai untuk software iOS dan berukuran 22.8 MB.

Feature menarik dari aplikasi ini adalah sebagai berikut:

1. Memakai bahasa Arab.

2. Sebagian besar teks Arab dilengkapi terjemahan bahasa Melayu (cukup dipahami oleh kita yang berbahasa Indonesia).

3. Aplikasi ini akan menampilkan dzikir pagi dan petang berdasarkan waktu secara otomatis. Misalnya kita membuka aplikasi ini ba’da Subuh, maka teks yang keluar adalah dzikir pada waktu pagi. Pun sebaliknya untuk sore hari.

Namun ada juga beberapa kekurangan dari aplikasi ini, yaitu sebagai berikut:

1. Terkadang saat kita membuka aplikasinya, tiba-tiba keluar sendiri. Padahal software dan update sudah compatible.

2. Ada sebagian teks bahasa Arab yang tidak ada terjemahan bahasa Melayu-nya. 


Demikian review di hari ke-4 ini. Semoga bermanfaat. Semoga kita menjadikan dzikir pagi dan petang ini sebagai kebutuhan dan gaya hidup kita. Aamiin..


#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#Level12
#KeluargaMultimedia
#Day4

No comments:

Post a Comment