Wednesday 18 July 2018

Keluarga Multimedia Day 13: “Montessori”

Nama “Montessori” sudah cukup dikenal di kalangan para ibu, utamanya kalangan ibu millenial macam saya. Menurut Wikipedia, Motessori adalah “suatu metode pendidikan untuk anak-anak, berdasar pada teori perkembangan anak dari Dr. Maria Montessori, seorang pendidik dari Italia di akhir abad 19 dan awal abad 20. Metode ini diterapkan terutama di pra-sekolah dan sekolah dasar, walaupun ada juga penerapannya sampai jenjang pendidikan menengah.” (https://id.m.wikipedia.org/wiki/Metode_Montessori)

Buku referensi pertama terkait Montessori yang saya beli dan baca adalah “Montessori di Rumah” karya Elvina Lim Kusuma. Ia merupakan founder dari Indonesia Montessori Club (IMC). Ada sebuah website yang dibangun oleh mba Elivina ini yaitu
http://indonesiamontessori.com/. Website ini cukup bagus di dalam memberikan pengetahuan dan juga guide praktis dalam mempraktekan montessori di rumah.

Website ini terdiri dari beberap bagian mulai dari profil IMC, Montessori di Rumah, Ide Kegiatan, DIY, Parenting, IMC Resources dan IMC Club.

Setiap bagian ini pun memiliki bagian-bagian yang lebih kecil yang disesuaikan dengan tema yang ingin digunakan dalam kegiatan. Misalnya di bagian Montessori di Rumah terdapat sub tema “Practical Life”, “Sensorial”, “Culture & Science” dan masih banyak lagi. Lebih lengkapnya silahkan datang ke website-nya yaa :)

Selain membaca buku dan website terkait Montessori, saya pun mengikuti sebuah pelatihan Montessori di Bogor tahun lalu yang diadakan oleh @monteszorg (Montessori Buitenzorg: https://www.instagram.com/monteszorg)

Pada acara ini, Mba Vidya Dwina Paramita (https://www.instagram.com/vidyadparamita) diundang sebagai pembicara utama. Beliau merupakan praktisi Montessori, penulis buku “Jatuh Hati pada Montessori) dan co-founder dari @sekolahmontessorirumahkrucil (https://www.instagram.com/sekolahmontessorirumahkrucil). Kalau tertarik informasi pelatihan montessori bisa dilihat di @filosofimontessori (https://www.instagram.com/filosofimontessori) :)

Silahkan buibu jika tertarik tentang Montessori, boleh di-kepo-in semua link yang saya share. Semoga bermanfaat :)

#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#Level12
#KeluargaMultimedia
#Day13

No comments:

Post a Comment