Wednesday 11 July 2018

Keluarga Multimedia Day 5: Review Aplikasi “Zoom”

Salah satu yang saya syukuri dari sikap suami saya adalah izin beliau untuk saya untuk aktif tidak hanya di ranah domestik, tapi juga di ranah publik. Selain sebagai mahasiswa di IIUM, saya pun aktif di beberapa organisasi seperti Forum Komunikasi Muslimah Indonesia di Malaysia (FOKMA).

Dengan aktifnya saya di ranah publik, otomatis menuntut saya untuk melakukan rapat-rapat koordinasi acara. Pernah suatu saat tidak ada titik temu dimana kami bisa bertemu untuk rapat, akhirnya diputuskanlah rapat secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom (https://zoom.us/).

Apa itu Zoom?
Zoom adalah aplikasi untuk melakukan teleconference dimana kita dapat dipertemukan. Aplikasi ini dapat didownload di berbagai devices seperti laptop dan handphone.

Ada banyak fasilitas yang ditawarkan oleh aplikasi ini, yaitu zoom meeting, video webinar, zoom rooms dan business IM. Tapi fasilitas yang pernah saya pakai hanya zoom meeting saja.

Perasaan saya sangat puas saat menggunakan aplikasi ini karena aplikasi zoom sangat user friendly. Kita dapat saling melihat teman rapat kita jika kita saling mengaktifkan video masing-masing. Semua orang dapat berbicara dan admin bisa mematikan speaker peserta rapat jika rapat harus difokuskan pada pemimpin rapat.

Sama dengan WIZIQ VC, di Zoom pun ada ruang chatting yang bisa digunakan chat secara tertulis oleh peserta rapat. Dan maksimal peserta dengan video bisa sampai 500 dan maksimal viewers hingga 10.000 orang. 

Selama sinyal dan koneksi internet lancar dan gadget kita fully charged, aplikasi zoom sangat membantu rapat secara online. 

Kekurangan dari aplikasi ini (mungkin sama dengan aplikasi sejenis), adalah adanya tarif yang harus dibayar jika kita ingin menikmati fasilitas secara lengkap dan premium.

Demikian review kali ini. Semoga bermanfaat..

#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#Level12
#KeluargaMultimedia
#Day5

No comments:

Post a Comment