Monday 9 July 2018

Keluarga Multimedia Day 3: Review Aplikasi “Quran Majeed”

“..Kitab (Al-Quran) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi orang yang bertakwa.” (QS. Al Baqarah ayat 2).

 “Sesungguhnya Allah mengangkat derajat suatu kaum dengan Kitab Alquran dan Allah merendahkan kaum yang lainnya (yang tidak mau membaca, mempelajari dan mengamalkan Alquran).” (HR Bukhari).

Begitu banyak ayat di dalam Al-Quran maupun hadist Nabi Muhammad SAW tentang keutamaan membaca, memahami, menghayati, serta mengamalkan kitab suci Al-Quran. Al-Quran merupakan mukjizat terbesar sepanjang masa yang pernah Allah turunkan ke muka bumi, karena ia merupakan petunjuk serta bukti cinta Allah SWT kepada umat-Nya agar mendapatkan keselamatan tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat.

Salah satu hal yang saya syukuri dari kemajuan teknologi adalah saat ini kita relatif mudah untuk membaca Al-Quran, kapan pun dan dimanapun, tapi mesti harus berat-berat kita membawa Al-Quran secara fisik, yaitu melalui aplikasi Al-Quran yang ada di iphone saya.

Nah kali ini saya akan mereview aplikasi Quran Majeed yaitu sebuah aplikasi Al-Quran produksi Pakistan (www.pakdata.com). Sebagai informasi saya sudah men-download aplikasi ini sejak 2 Agustus 2017. Dan saya juga mendownload dua aplikasi Quran yang mirip dan merasa bahwa aplikasi Quran Majeed ini yang paling representatif menjawab semua kebutuhan saya sebagai muslimah.
Dan sebagai self-claim dari aplikasi ini adalah bahwa aplikasi ini telah diproof-read oleh ulama. Jadi insyaAllah tidak diragukan kesahihannya. 

Pertama dari segi size, aplikasi ini memakai sekitar 168MB. Meski cukup besar, tapi aplikasi ini memiliki fitur yang sangat lengkap.

Kedua, dari segi tampilan, ada dua jenis tampilan ketika kita ingin membaca Al-Quran yaitu per-juz seperti Al-Quran yang berbentuk fisik dan per-surat. Kita tinggal memilih saja. Pun dengan hurufnya dapat kita pilih sesuai dengan kenyamanan kita.

Ketiga, dari segi fitur. Begitu banyak kelebihan dari Quran Majeed ini. 
1. Aplikasi ini memiliki keterangan sudah berapa lama kebersamaan kita dengan Al-Quran. Artinya akan terlihat sudah berapa jam engagement kita dengan Al-Quran dari pertama kali kita mendownload aplikasi ini hingga sekarang.
2. Aplikasi ini dilengkapi dengan terjemahaan berbagai bahasa, kita tinggal memilih apakah terjemahannya ingin ditampilkan atau tidak dan dalam bahasa apa. Lebih dari 20 bahasa dapat dipilih.
3. Selain terjemahan, aplikasi ini dilengkapi dengan tafsir dengan beberapa pilihan. Misalnya “English-Usmani” atau “Ibnu Katheer”.
4. Kita pun dapat mendengarkan ayat-ayat suci ini dilantunkan oleh para syeikh seperti Syeikh Mishari Rashid (he’s my fave!!), Syeikh Sudays, Syeikh Saad Al-Ghamdi, dan lain sebagainya. Tentu harus kita download dulu ya Syeikh mana yang ingin kita dengarkan.
5. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur penunjang seperti waktu sholat yang dapat kita pilih apakah menggunakan reminder atau tidak, pakai adzan atau tidak, Penunjuk Kiblat, dan bahkan kita bisa menghadiahi aplikasi ini kepada teman kita yang lain atau bersodakoh jariyah secara elektronik. Keren ya.. :”)
6. Ada pengingat untuk membaca QS Al-Kahfi setiap hari Jumat.

Satu kekurangan aplikasi ini adalah jika kita ingin mendapatkan fasilitas lengkap, maka kita harus membayar sebesar Rp75ribu. Jika ingin versi gratis, sering sekali pop up iklan macam-macam keluar saat kita membacanya, sehingga membuat kita tidak nyaman.

Demikian review di hari ke tiga ini. Semoga Al-Quran dapat kita jadikan sebagai gaya hidup dan bagian yang tidak terpisahkan dalam diri dan hidup kita. Aamiin..

“Allahummarhamna bil Qur’an..” (Ya Allah sayangilah kami dengan Al-Qur’an)

#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#Level12
#KeluargaMultimedia
#Day3

No comments:

Post a Comment