Sunday 15 July 2018

Keluarga Multimedia Day 10: Review Aplikasi “Traveloka”

Aplikasi yang akan saya review kali ini adalah aplikasi Traveloka. Siapa yang tidak kenal aplikasi ini? Traveloka sendiri merupakan perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring yang berbasis di Jakarta. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2012. Kemudian perusahaan ini melebarkan sayapnya tidak hanya jual beli tiket pesawat dan hotel, tetapi juga tiket bis, kereta, pertunjukan, pulsa dan paket internet daaan masih banyak lagi.

Kenapa saya mereview aplikasi ini? Jadi, sebagai perantau di Negeri Jiran, tiket pesawat terbang merupakan hal krusial yang menentukan kepulangan kami ke Indonesia. Saya sudah kenal dengan aplikasi ini sekitar 3 tahun lamanya.

Berikut review dari saya.

Pertama, secara size aplikasi ini berukuran 88.9MB dan kompatibel di smartphone kita baik iOS maupun anroid. Bahasa yang available selain bahasa Indonesia dan Inggris, juga bahasa Melayu, Thai dan Vietnam.

Kedua, dari sisi pemakaian, aplikasi ini cukup friendly user. Artinya sangat mudah dipelajari dan digunakan oleh pengguna, alias tidak rumit. 

Ketiga, dari segi fitur. Seperti yang saya katakan di awal, aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Ia tidak hanya menyediakan jual beli tiket pesawat dan hotel, melainkan juga hal lainnya. Ada dua kategori penjualan. Pertama kategori “Travel”. Terdiri dari 11 item yaitu tiket pesawat domestik, voucher hotel domestik, tiket kereta, tiket bis, paket pesawat plus hotel, tiket atraksi baik lokal maupun internasional, international data plan, last minute hotel (kalau kita mendadak booking), budget rooms, airport transport, airport train, international hotels, international flights. Kedua kategori “Entertainment and Utilities” terdiri atas 5 item yaitu eats, movies, beauty and spa, bills and top up, dan top up and data package.

Keempat, pembayaran dilakukan menggunakan 4 jenis metode. Pertama, Uangku Balance. Disini kita memiliki “rekening” di Traveloka sehingga pembayaran dilakukan dengan mendebit saldo yang ada di akun Traveloka kita. Kedua, MyCards yaitu dengan menggunakan kartu kredit. Ketiga, direct debit yaitu dengan menggunakan kartu debit bank yang kita miliki. Keempat, pay later merupakan program cicilan.

Kelima, customer service 24 jam. Ini juga merupakan poin plus dari Traveloka. Jika ada sesuatu kita bisa menelpon CS ini kapan pun. Pernah suatu saat saya salah membeli tiket, alhamdulillah karena ada sistem refund, semuanya pun dimudahkan.

Secara umum dari keempat poin di atas, saya termasuk pengguna Traveloka yang setia. Jika ingin mengecek harga tiket pesawat, yang dibuka pertama kali adalah aplikasi ini. 

#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#Level12
#KeluargaMultimedia
#Day10

1 comment:

  1. Adakah Kekurangan/kelemahan jika pakai uangku balance ?
    Misal saldo tidak bisa dicairkan balik alias mengendap

    ReplyDelete