Saturday 14 July 2018

Keluarga Multimedia Day 8: Review Youtube Channel “Tasya Farasya”

Selain menggali informasi terkait kesehatan dan diet, saya pun ikut mencari informasi terkait kecantikan. Lebih khusus lagi, terkait tutorial make up. Hehehehe.. 

Di zaman sekarang, profesi Make Up Artist (MUA) sedang menjamur. Dan banyak orang dari profesi ini, memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan dirinya dengan membagi ilmu dan informasi bagi netizen.

Menurut saya yang paling penting sebenarnya kesehatan kulit termasuk wajah. Dan make up itu dalam hidup saya berperan untuk beberapa occation saja, misalnya kondangan. Sehari-hari saya hanya pakai moisturizer, sunblock, sesekali foundation, bedak dan lipstik tipis aja. Itupun lipstik warna nude alias warna mirip kulit.

Jadi sejujur saya failed banget urusan make up ini. Bahkan “no make up”-make up look aja saya gak paham. Hehehe..

Kalau suami sendiri, gak minta saya pakai make up di depannya. Kata doi, saya udah cantik apa adanya. Ciyeh.. ihiyy.. hehehe..

Meskipun demikian, karena pengetahuan yang cukup minim tentang make up, berselancarlah saya di channel youtube atas rekomendasi dari teman-teman. Mampirlah saya ke channel “Tasya Farasya” (https://www.youtube.com/channel/UCJCSL8IJfD4d5nunRrmrT1Q) yang memiliki subscribers lebih dari 500 ribu orang.

Background Tasya Farasya adalah seorang lulusan jurusan kedokteran gigi yang memiliki passion tinggi terhadap dunia per-make-up-an. Dia adalah seorang anak dari ibu pengusaha yang sukses di bidangnya dan baru saja menikah beberapa waktu yang lalu. Kalau dilihat dari sisi history-nya, Tasya ini baru aktif sekitar setahun di channel youtube-nya.

Mari kita review akun ini..

Pertama, dari segi frekuensi tayang. Akun ini kalau di pukul rata, tayang seminggu dua hingga tiga kali. Jadi akun ini cukup aktif. Meski baru berusia setahun, sudah ada puluhan video yang diupload di channel tersebut.

Kedua, dari segi konten, sebagian besar konten yang disuguhkan adalah tutorial make up dengan berbagai jenis gaya make up. Mulai dari make up simpel hingga yang rumit pun ada. Tasya pun variatif di dalam menyuguhkan konten tutorialnya. Misalnya dia menjelaskan step by step “how to”. Dalam hal ini tutorial cara membuat “alis tanpa cukur” meraih top hits dengan 2.1 juta views (https://youtu.be/nLFxZzTkwYA).

Kemudian, dia mengangkat tutorial make up berdasarkan tema, seperti make up ala korea, “no make up” make up style (https://youtu.be/Xd1CS9ofCNU), make up ala barbie, dan lain-lain.

Juga, dia berkolaborasi dengan MUA hits lainnya untuk membuat tutorial make up berdasarkan request dari para viewers. Yang saya tonton adalah make up ala editor look bersama Vinna Gracia (https://youtu.be/TiDWH0-lQpo) dimana gaya make up dengan menggunakan freckles di muka menjadi style andalannya.

Selain itu, Tasya beberapa kali membuat tutorial dengan bentuk challange. Misalnya challange make up di bawah IDR 200k, half local-half high-end make up, dan lain sebagainya. Review product make up pun seringkali ditampilkan di channelnya.

Selain tentang make up, Tasya pun di channelnya membuka personal life-nya dengan memposting video QnA dari para viewers, video pernikahannya (meski yang dihighlight tentu bagian make up-nya), atau profile dari keluarganya.

Secara umum, channel ini cukup seru dan enak untuk diikuti. Akhirnya saya pun hari ini mencoba make up ala-ala mumpung Afifa lagi main dengan Ayahnya.

Daaaan.. saat Afifa melihat saya selesai ber-make up, komentarnya adalah: “Mamah kok pake make up? Mamah lebih cantik ga pake make up.. alisnya jelek..” wakkkkkkaaaaaka.. belum sempet liatin ke suami, langsung deh aku hapus. Emang engga bakaaat 🤣🤣🤣🤣

#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#Level12
#KeluargaMultimedia
#Day8

No comments:

Post a Comment