Tuesday 10 July 2012

Beda Zakat, Infak, dan Sedekah

Perbedaan Zakat, Infak, dan Sedekah berdasarkan penjelasan Prof. Didin Hafidhuddin.. 

Semoga bermanfaat ;) 

Ditinjau dari segi bahasa, kata zakat memiliki beberapa arti yaitu al-barakatu (keberkahan), an-namaa (pertumbuhan atau perkembangan), ath-thaharu (kesucian), dan ash-shalahu (keberesan). Secara istilah, zakat adalah bagian dari harta dengan persyaratan tertentu, yang Allah SWT mewajibkan kepada pemiliknya untuk diserahkan kepada yang berhak menerimanya dengan persyaratan tertentu pula. 

Di dalam Al-Quran, terdapat beberapa kata, yang walaupun memiliki arti yang berbeda dengan zakat, tetapi kadangkala dipergunakan untuk menunjukkan makna zakat, yaitu infak, sedekah, dan hak, sebagaimana dinyatakan dalam QS At-Taubah ayat 34, 60, dan 103 serta QS Al-An-An’am ayat 141. Dipergunakannya kata-kata tersebut dengan maksud zakat karena memiliki kaitan yang sangat kuat dengan zakat. Zakat disebut infak (QS At-Taubah: 34) karena hakikatnya zakat adalah penyerahan harta untuk kebaikan yang diperintahkan Allah SWT. Disebut sedekah (At Taubah ayat 60 dan 103) karena memang salah satu tujuan utama zakat adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.  Zakat disebut hak, karena zakat merupakan ketetapan yang bersifat pasti dari Allah SWT yang harus diberikan kepada mereka yang berhak menerimanya (mustahik). 

Meskipun demikian, terdapat perbedaan pokok dalam pengertian zakat, infak, dan sedekah.
Infak dan sedekah adalah mengeluarkan harta untuk kebaikan yang diperintahkan Allah SWT di luar zakat. Tidak ada batasan minimal (nisab), tidak ada presentase, dan penerimanya luas. Jika zakat hanya boleh diberikan kepada 8 golongan yang berhak menerimanya (QS At-Taubah ayat 60), sedangkan infak dan sedekah penerimanya jauh lebih luas, seperti tergambar dalam QS Al-Baqarah ayat 215. Di samping itu, infak lebih ditekankan kepada sesuatu yang bersifat materi, sedangkan sedekah lebih luas, bisa termasuk sesuatu yang bersifat imateri, misalnya menebarkan senyum, memberikan nasihat yang baik, atau menolong orang yang kesusahan.

Wallahu’alam bi ash-Shawwab

1 comment: