Wednesday 8 November 2017

Meningkatkan Kecintaan Membaca Part 14

Di hari ke-14 ini, saya mungkin akan menceritakan sedikit pengalaman saya pada dua konferensi internasional yang saya ikuti selama sepekan terakhir. 

Konferensi pertama adalah workshop terkait waqf “Revival of Waqf for Economic Development” yang diadakan oleh IRTI-IDB, IBBL dan Center for Management of Zakat Bangladesh. Alhamdulillah di sana saya mempresentasikan paper saya bersama dua rekan berjudul “The ANP Analysis of Indonesia Waqf Board”.

Konferensi kedua ini merupakan rangkaian dari acara the 4th Indonesia Shariah Economic Festival yaitu the 3rd International Islamic Monetary Economics and Finance Conference yang diadakan oleh Bank Indonesia. Pada kesempatan ini saya mempresentasikan paper saya yang berjudul “The Role of Zakat for Poverty Alleviation and Income Inequality Reduction”. Alhamdulillah kedua presentasi tersebut, setidaknya bagi saya, berjalan lancar. 

Kenapa saya tuliskan disini, karena dua kegiatan ini sangat erat kaitannya dengan membaca. Tidak mungkin seseorang dapat menulis jika ia tidak membaca. Membaca merupakan pondasi akar dari ilmu dan menulis merupakan dahan dan buah dari ilmu. Artinya, dua kegiatan ini tidak akan dapat dipisahkan dalam rangka kontribusi kita thd ilmu. 

Membaca ibarat kita mendapatkan sebaik-baiknya input pada ilmu pengetahuan dan mengembangkannya.. sedangkan menulis adalah aktivitas mengikat ilmu agar dapat disebarluaskan dan diteruskan kepada banyak pihak bahkan untuk generasi selanjutnya.

Saya merasa bahwa dua konferensi yang saya ikuti mustahil terjadi dalam hidup saya jika tanpa ada dua kegiatan membaca dan menulis itu. Saya bisa menginjakkan kaki di Dhaka dan Surabaya dengan fasilitas bintang lima secara gratis adalah karunia Allah SWT yang saya dapatkan melalui dua aktivitas ini. Ya Allah hamba bersyukur atas anugerah-Mu.

Maka saya berharap dan berdoa semoga Afifa dapat meneruskan semangat membaca dan menulis di dalam kehidupannya. Agar Afifa memiliki ilmu yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat di dunia dan akhirat. Aamiin..



No comments:

Post a Comment