Thursday 10 August 2017

Tantangan 10 Hari Family Project "Home Quran Hour" Day 2

Alhamdulillah, tadi malam ba'da Maghrib eksekusi  dari proyek "Home Quran Hour" berjalan cukup lancar. Awalnya sepulang dari kampus saya berniat membeli peralatan karton dan ketas origami untuk membuat papan reward. Tapi qadarullah hujan kembali turun lebat sekali. Rasanya susah kalau kami harus mampir untuk membeli peralatan tersebut. Ya sudah saya kemudian berencana untuk memanfaatkan apa yang ada di rumah saja, meskipun saya tau pasti hasilnya kurang maksimal. Tapi daripada tidak ada kan? ;)

Buku Reward pengganti Papan Karton Reward


Setelah shalat Maghrib kami bersiap-siap. Awalnya Afifa mulai terdistract untuk tidak mengikuti kami mengaji karena sibuk ingin makan kismis. Dia tidak mau membaca Al-Fatihah. Biasanya dia paling semangat kalau saya atau suami mulai baca Al-Fatihah dia akan mengikutinya. Tapi saya berpikir, "Shouldn't it be fun for everyone to run this family project?" Jadi ya sudah saya biarkan saja Afifa nyamannya dan senengnya kaya gimana selama dia gak melakukan hal-hal berbahaya. 

Saya dan suami pun terus membaca Al-Fatihah bersama-sama sebanyak tiga kali, tanpa diikuti oleh Afifa. Ya sudah tidak apa-apa, minimal Afifa mendengar kami mengaji.
Acara selanjutnya seharusnya giliran Afifa mengaji surat An-Nas tapi karena kondisinya seperti itu, akhirnya saya duluan yang mengulang-ngulang hafalan saya, suami mendengarkan. Setelah 10 menit, giliran suami yang mengulang hafalannya, saya mendengarkan. Saat mendengarkan kami pun sambil membaca Qurannya khawatir ada kesalahan jadi bisa langsung membenarkan. Ini pun dilakukan selama kurang lebih 10 menit. Afifa tetap makan kismis, naik turun kursi, bahkan ingin baca buku cerita 😅 Saya pun bilang, "Kan sekarang waktunya mengaji.. nanti baca bukunya setelah kita semua selesai. Sebentar aja koo.."

Setelah dinasihati seperti itu, Afifa langsung paham. Dan dia pun langsung mau mengaji, meski sambil naik turun kursi. Gak apa-apa yang penting dia happy. Hehehe.. Kemudian Ayahnya pun memperdengarkan surat An-Nas secara berulang. Dan tidak lama, Afifa mau mengikutinya. Terus selama 10 menit. Ini saya manfaatkan untuk mengambil videonya :D
MasyaAllah ternyata diulang-ulang selama 10 menit, Afifa langsung bisa untuk mengikutinya. Betapa Allah memberikan kecerdasan kepada otak manusia ya :")

Afifa Membaca An-Nas sambil naik turun kursi :D


Setelah 30 menit berlalu kami pun mengakhirinya dengan membaca doa setelah selesai tilawah. Bagian ini Afifa sangat suka, karena dia sudah hafal dengan menggunakan lagunya. Hehehe..

Kemudian saya pun mengeluarkan kertas reward. Ternyata ini yang membuat Afifa super excited. Halaman pertama ada fotonya dan tulisan "Bagaimana Afifa mengaji hari ini?" 
Ayahnya pun menulis "Bagus." Kemudian menandatanganinya. Saya pun menulis "Tetap semangat Afifa." Dan menandatanganinya. Afifa pun saya suruh memilih, gambar ikan mana yang ditempel pada bukunya karena dia sudah mengaji dengan baik. Dia memilih ikan yang berwarna oranye. Hehehe.. hal yang sama dilakukan untuk lembar saya dan Pak suami. 

M: "Buku ini khusus untuk Afifa, Papa dan Mama setelah selesai mengaji ya. Afifa seneng engga?" 
A: "Seneng mah. Afifa dapet ikan." 
M: "Berarti kalau mau dapet ikan lebih banyak lagi harus semangat ngajinya. Iya ga?"
A: "Iya. Afifa mau ngaji lagi."
M: "Papa seneng ga ngaji?"
P: "Seneng donk.."

Afifa dan Buku Reward

Tetap semangat, Afifa :) Ikannya dia yang pilih hehhe

Mama juga harus semangat ;)

Papa pilih ikan hiu :D


Alhamdulillah.. semoga kami istiqamah menjalankan proyek "Home Quran Hour" seterusnya ya. Aamiin ❤️

#Day2
#Level3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunsayIIP

No comments:

Post a Comment