Saturday 29 July 2017

Tantangan 10 Hari Melatih Kemandirian Anak Part 12

Gak terasa kita sudah berada di penghujung periode pelaporan progress kemandirian anak dengan memilih beberapa skills tertentu. Namun sejujurnya, upaya pelatihan ini tidak bisa berhenti sampai disini saja. Saya dan suami harus konsisten di dalam melatih kemandirian Afifa agar ia bisa menjadi seseorang yang mau berusaha, percaya pada kemampuannya sendiri, serta tidak mudah putus asa.

Dan hal ini tidak mungkin dapat tercapai jika saya tidak memberikan kepercayaan kepada Afifa bahwa ia juga bisa. Bahwa Afifa harus saya encourage agar dia tidak mudah berputus asa jika harus mulai melakukan beberapa skills tanpa mendapatkan bantuan dari saya atau suami selaku orang tuanya.

Alhamdulillah progress yang cukup baik dari Toilet Training yang telah saya lakukan selama seminggu terakhir, meski memang fokus utama masih tentang BAB Afifa. Dari situ dulu kami memulai. Dan alhamdulillah sekarang Afifa sudah bisa bilang "Mah Afifa mau e*k.." dan dengan senang hati ia bisa diajak ke toilet dan mulai nyaman duduk di atas booster seat yang sengaja kami letakkan di atas toilet duduk kami.

Pun Afifa sudah bisa mengetahui saat dia masih ingin atau sudah selesai. Dia akan bilang, "belum mah.." atau "udah mah..". Itu sudah menjadi progress sangat berharga mengingat awal-awal toilet training saya sendiri yang harus cek apakah ia sudah selesai ataukah belum.

InsyaAllah akan saya lanjutkan pada toilet training BAK. Doakan sukses yaa :")

#Level2
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Tantangan10hari

No comments:

Post a Comment