Friday 21 July 2017

Tantangan 10 Hari Melatih Kemandirian Anak Part 6

Masih tentang kaos kaki dan sepatu 😅😅 Hari Jumat tanggal 21 Juli 2017 saya memiliki agenda yang sangat full di luar kampus. 

Saya ada rapat jam 8.30 di daerah Kampung Baru sekitar 20 km dari kampus kemudian mengisi halaqah adik-adik pekerja kilang di daerah Sg Wei jam 12.00 siang. Awalnya saya mau mengajak Afifa, tapi saya berpikir khawatir Afifa malah makannya keteteran dan dia malah sakit jadi akhirnya saya memutuskan untuk mengantarnya ke Educare dulu.

Pukul 7.10 pagi Afifa bangun. 
A: "Mah, Afifa mau ke sekolah mah.."
M: "alhamdulillah terima kasih sayang. Iya Afifa ke sekolah hari ini ketemu teacher dan temen-temen Afifa."
A: "Afifa mandi dulu. Bau ketek." 
M: "hahahahahahaha.. yuk mandi.."

Setelah mandi, pakai baju dan pakai kerudung, tibalah saatnya dia memakai kaos kaki. 

M: "Ayo sayang pakai kaos kakinya.."
A: "Afifa gabisa mah.." (udah hari ke-6 dan masih aja menolak.. 😭)
M: "Afifa pasti bisa, ayo berusaha dulu.. kemarin bisa.."
A: "Susah mah.."
M: "Yuk kita baca cerita si Sali yang judulnya 'Aku Bisa Pakai Baju Sendiri' yuk.."
A: (looks so excited)
M: (Bacakan cerita, kemudian ada bagian dimana Sali pakai sepatu tapi sebelumnya saya tambahkan scence Sali pakai kaos kaki sendiri hehehe). "Nah Sali kalau berusaha bisa pakai kaos kaki sendiri.. Afifa juga bisa.."
A: (she tried but still found it hard to do it. She tried again like for two times and still unabled to do it) "Gak bisa mah.. mamah aja.."
M: (akhirnya membantu sambil mengajarkan caranya)

Begitulah.. bahkan sudah hari ke-6 tapi Afifa masih belum mau dan belum melakukan effort lebih supaya bisa. Sepertinya saya harus cari cara bagaimana yang efektif mengajarkan hal ini. Paling tidak semangat juang Afifa yang tidak mudah menyerah itu yang harus saya bangun.. 

PR Mama masih banyak 😭

#Level2
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Tantangan10hari

No comments:

Post a Comment