Thursday 13 July 2017

Tantangan 10 Hari Melatih Kemandirian Anak Part 1

Game level 2 kelas Bunda Sayang IIP ini cukup bikin galau 😅 Pasalnya kami diminta untuk melatih kemandirian anak, yaitu kami melatih satu kemampuan di dalam satu minggu dan maksimal empat kemampuan di dalam sebulan.

Ada beberapa prioritas kemandirian yang ingin saya terapkan kepada Afifa (2 tahun 7 bulan) sebelum game level 2 ini dipublish.

Pertama, toilet training. Iya saya tau ini sudah sangat telat. Entah kenapa saya yang belum siap untuk memulai praktek TT secara total. Dalam artian alhamdulillah Afifa sudah BAB di toilet, tapi untuk BAK belum. Saya belum siap untuk itu. Padahal saya sudah sounding kepada Afifa tentang Masalah TT ini sejak ia berusia dua taun (setelah penyapihan sukses). Sounding yang saya lakukan adalah dengan membacakan buku TT setiap hari. Masalahnya saya harus ngampus setiap senin sampai jumat untuk mengerjakan disertasi saya. Itulah yang bikin saya maju mundur.. akhir bulan ini ada deadline pula :"(

Buku TT untuk Afifa


Kedua, makan sendiri. Afifa tetap harus saya bantu suapi, meski sebenarnya ia sudah bisa sendiri. Tapi jumlahnya jadi lebih sedikit. Alhasil saya melakukan mix mode dimana setengah jalan Afifa makan sendiri, kemudian sisanya saya yang suapi. Video ini diambil pada saat sarapan kemarin. Sengaja saya siapkan nasi goreng karena relatif mudah untuk dimakan sendiri. Alhamdulillah sukses makan sendiri, tapi tiga suapan terakhir saya suapi. Huhuhu..


Afifa Makan Nasi Goreng

Nasi Goreng simpel


Ketiga, memakai dan membuka kaos kaki sendiri. Afifa masih belum bisa melakukan langkah pertama untuk pakai kaos kaki sendiri yaitu saat lubang atas kaos kaki masuk ke dalam ujung kaki. Hal ini masih saya bantu.

Keempat, memakai dan membuka sepatu sendiri. Setelah itu menyimpan sepatu di rak sepatu. Skill ini sudah cukup Afifa kuasai dengan baik.

Bismillah.. semoga saya bisa istiqamah yaa :")

#Level2
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Tantangan10hari



No comments:

Post a Comment