Tuesday 6 June 2017

Tantangan Komunikasi Produktif Kelas Bunda Sayang IIP : Day 7 "Papa dan Afifa"

Selama bulan Desember 2016-April 2017 saya pulang ke Bogor dalam rangka melakukan penelitian disertasi saya di lima kota dan kabupaten. Sebanyak 1300 responden penerima zakat dari Baznas Kota dan Kabupaten tersebut saya survey dengan bantuan tim enumerator (yang kebanyakan mahasiswa) dari daerah tersebut.

Sebagai konsekuensi, saya dan suami harus menjalankan Long-Distance Marriage (LDM) alias hubungan pernikahan jarak jauh selama 4.5 bulan lamanya. Meskipun demikian, dalam kurun waktu 4.5 bulan tersebut, suami sempat pulang ke Bogor sebanyak 3 kali selama beberapa hari. Alhamdulillah..

Dengan kondisi LDM tersebut, tentu saja Afifa lebih banyak menghabiskan waktunya bersama saya. Untungnya adalah saat suami ke Bogor, Afifa enggak lupa dengan Papanya :D

Setelah ditelaah, memang yang ideal adalah antara suami istri jangan sampai berjauhan secara jarak jika memang dimungkinkan. Ini memang kondisi subjektif saya pribadi. Yang saya rasakan adalah saya lebih merasa kuat dan sabar untuk membersamai Afifa dan mendidiknya. Rasanya ada kekuatan lain yang mendorong saya saat merawat Afifa jika saya bersama dengan suami.

Pun dengan kondisi psikologis Afifa yang pasti membutuhkan kehadiran sosok seorang Ayah. Dan memang, Afifa dan Papanya sangaaat dekat hubungannya karena Papa Afifa banyaaaak sekali membantu saya di dalam menjaga dan merawat Afifa. Meskipun demikian, saat di Bogor, mama saya, papa saya dan kakak-kakak saya serta Bi Biah ikut membantu menjaga Afifa tentu saja. Saya amat bersyukur dan berterima kasih.. :") semoga Allah yang balas kebaikan keluarga saya tersebut :")

Ternyata Afifa sendiri memang begitu menyayangi Papanya. Ini terbukti saat pertama kali bertemu setelah 2 bulan berpisah dengan Papanya, Afifa super excited dan terlihat amaat bahagia. "Mah Afifa seneng (ketemu) Papa.." begitu katanya.

Terkait dengan komunikasi produktif yang efektif dengan pasangan, poin-poin kaidah 2C, kaidah 7-38-55 dan "choose the right time" pun harus diterapkan di saat kami bekerja sama dalam mendidik dan membesarkan Afifa. Kami bersepakat bahwa Afifa adalah salah satu prioritas utama di dalam kehidupan kami, sehingga semua aktivitas kami harus disesuaikan dengan prioritas kami terhadap Afifa.

Karena Papa Afifa selama dua minggu ini libur, alhamdulillah Papa Afifa bisa mengantar Afifa ke Educare, IIUM. Seperti biasa, sebelum Afifa masuk kelas, kami akan mencium pipi Afifa secara bersamaan dari kanan dan kiri untuk menunjukkan betapa kami mencintainya :") Saat pulang pun, kami menjemput Afifa, mencium kedua pipinya secara bersamaan, mengatakan kepadanya bahwa kami sangat saaayaaang padanya :")

Papa dan Afifa saat mengantar ke Educare, IIUM


Lalu malam harinya, Afifa meminta dibacakan cerita oleh Papanya. Dia sangat excited saat mendengarkan Papanya bercerita. Alhamdulillah :") Berikut video Papa dan Afifa tadi malam saat membaca buku berjudul "I Explore the Zoo". Meskipun terkadang tidak ideal, kami bersepakat untuk minim memberikan gadget kepada Afifa, sehingga kegiatan membaca buku merupakan salah satu kegiatan wajib harian bagi Afifa. Sekarang Afifa sangaaat hobi untuk minta dibacakan buku. Terkadang kami yang kewalahan, tapi ga apa-apa demi kebaikan Afifa kami lakukan :')

Papa dan Afifa


#level1
#day7
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

No comments:

Post a Comment