Friday 3 March 2017

Nice Homework (NHW) #6 (Matrikulasi Institut Ibu Profesional)


Nice Homework (NHW) #6
Belajar Menjadi Manajer Keluarga Handal

Disusun oleh :
Qurroh Ayuniyyah
(Kuala Lumpur, Malaysia)

Minggu ke-enam menjalani kelas matrikulasi Institut Ibu Profesional terasa jauh lebih berat dan begitu menantang buat saya. Jujur minggu ini saya hanya menjadi silent reader yang tidak sepenuhnya dapat meberikan fokus 100 persen pada materi serta diskusi yang berjalan di whatsapp group. Ada beberapa hal yang membuatnya demikian, yaitu sebagai berikut.
Pertama, pada hari Senin hingga Kamis tanggal 27 Februari-2 Maret 2017, saya, Afifa, kedua orang tua saya serta keluarga kakak saya pergi ke Song Khla, Thailand Selatan dalam rangka acara penutupan KKN mahasiswa Universitas Ibn Khaldun Bogor di sana sekaligus kunjungan kepada komunitas Muslim di sana. Alhamdulillah kami bertemu dengan para ulama, keluarga serta masyarakat Muslim sana yang sebagian besar ternyata memahami Bahasa Melayu sehingga kami berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan Melayu.
Kedua, saya tidak mendapatkan jaringan internet dengan mudah sehingga komunikasi via online sedikit terganggu. Namun saya dapat lebih fokus kepada perjalanan saya J
Ketiga, qadarullah saya jatuh sakit pada hari ketiga perjalan saya. Saya demam tinggi disertai flu berat. Sehingga pada hari ketiga saya full beristirahat di kamar setelah sebelumnya ke dokter, sementara Afifa bersama dengan Enin dan Uwa-nya..
Keempat, qadarullah pada hari Jumat tanggal 3 Maret 2017 ini sesampainya di Bogor, Afifa dan Ibu jatuh sakit dengan gejala sakit yang sama dengan apa yang saya alami.  Praktis fokus saya adalah menjaga dan merawat mereka.
Namun, di antara berbagai macam kejadian selama lima hari terakhir ini apalagi minim koneksi internet, cukup membantu saya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada NWH#6 ini.
1.      Tuliskan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting.
Tiga aktivitas paling penting :
ü  Beribadah dan berdoa (termasuk shalat wajib, sunnah dan membaca Al-Quran).
ü  Aktivitas bersama keluarga (termasuk bermain bersama Afifa).
ü  Waktu untuk ilmu (termasuk mengerjakan disertasi).
Tiga aktivitas paling tidak penting :
ü  Bermain handphone untuk ber-medsos, chatting, dan browsing hal-hal yang kurang penting.
ü  Menonton televisi.
ü  Membaca novel.


2.      Waktu anda selama ini habis untuk kegiatan yang mana?
Jujur, seminggu ini memang saya lebih banyak menghabiskan waktu untuk aktivitas bersama dengan keluarga. Namun, waktu untuk membaca Al-Quran dan ilmu agak sedikit keteteran. Terkadang di minggu-minggu sebelumnya, waktu untuk bermain gadget saya pun melebihi batas normal yang saya tetapkan (dua-tiga jam per hari).

3.      Jadikan 3 aktivitas penting menjadi aktivitas dinamis sehari-hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup anda, tengok NHW sebelumnya ya, agar selaras.
Baik. Tiga aktivitas tersebut memang selaras dengan peningkatan jam terbang ilmu yang ingin saya dalami di dalam universitas kehidupan ini.

4.      Kemudian kumpulkan aktivitas rutin menjadi satu waktu, berikan “kandang waktu”, dan patuhi cut off time (misal anda sudah menuliskan bahwa bersih-bersih rumah itu dari jam 05.00-06.00, maka patuhi waktu tersebut).
Yang termasuk aktivitas rutin yang mungkin dimasukkan ke dalam satu waktu (setelah subuh hingga 09.00 waktu Kuala Lumpur) : Menyiapkan keperluan kantor suami, membersihkan rumah, membaca Al-Quran, menyiapkan dan menemani anak makan, memandikan anak dan stretching badan.

5.      Jangan ijinkan agenda yang tidak terencana memenuhi jadwal waktu harian anda.
Siap! J

6.      Setelah tahap di atas selesai anda tentukan. Buatlah jadwal harian yang paling mudah anda kerjakan.
Saya namakan jadwal ini sebagai  “9 to 9” yang applicable saat saya berada di Kuala Lumpur (bukan di Bogor seperti saat ini) bersama dengan suami saya.
Waktu
Aktivitas
04.30
Bangun pagi
04.30 – 05.50
Shalat malam
05.50 – 06.00
Shalat subuh
06.00 – 06.15
Menyiapkan baju kerja suami dan bekal suami
06.15 – 07.00
Membaca Al-Quran
07.00 – 07.15
Shalat Duha
07.15 – 07.45
Membersihkan rumah dan stretching badan
07.45 – 08.00
Menyiapkan makan Afifa
08.00 – 09.00
Afifa bangun, sarapan, memandikan Afifa dan terakhir saya mandi
09.00 – 19.30
Aktivitas Dinamis (bisa berubah-rubah sesuai kebutuhan) terutama untuk aktivitas bersama keluarga dan aktivitas ilmu
19.30 – 20.30
Shalat maghrib, mengaji bersama, shalat isya
20.30 – 21.00
Makan malam bersama, us-time
21.00
Kembali ke kegiatan rutin jika ada yang terlewat.

7.      Amati selama satu minggu pertama, apakah terlaksana dengan baik?
kalau tidak segera revisi, kalau baik, lanjutkan sampai dengan 3 bulan.
Baik J

No comments:

Post a Comment