Wednesday 22 March 2017

Nice Homework 9 (Kelas Matrikulasi Institut Ibu Profesional)


Nice Homework (NHW) #9
Bunda sebagai Agen Perubahan

Disusun oleh :
Qurroh Ayuniyyah
(Kuala Lumpur, Malaysia)

Gak kerasa ya kita sudah memasuki minggu ke-9 alias minggu terakhir di kelas Matrikulasi Institut Ibu Profesional. Ada perasaan bahagia karena mendapatkan ilmu yang luar biasa dari para fasil dan guru di IIP, serta dapat bersilaturahim dengan para Bunda luar biasa keren yang tinggal di berbagai negara baik itu ASEAN, Non-ASEAN, maupun Indonesia Timur... Saya belajar banyak dari mereka. Alhamdulillah atas kesempatan ini ya Allah :')

Sejujurnya selama kurang lebih dua bulan fokus di dalam dunia parenting, ketertarikan terhadap dunia ini menjadi lebih besar dibandingkan dengan bidang lainnya. Namun, setelah saya pertimbangkan saya tetap akan fokus terhadap bidang ekonomi syariah yang telah saya pelajari kurang lebih selama enam tahun terakhir ini.

Selama ini, pertumbuhan dan perkembangan ekonomi syariah di Indonesia sudah cukup baik, namun jika melihat potensi sumber daya manusia yang ada, realisasi dari penerapan ekonomi syariah secara umum masih cukup stagnan. Di antara faktor penyebab ada minimnya pertumbungan dan perkembangan ekonomi syariah ini adalah kurangnya pengetahuan (awareness) masyarakat terhadap ekonomi syariah, sehingga dominasi sistem ekonomi konvensional masih begitu merajalela di dalam sistem perekonomian Indonesia pada khususnya dan dunia pada umumnya.

Dengan memiliki hobi mengajar dan membaca ditambah saya merasa bahwa skill yang saya miliki adalah mengajar dan menulis, maka ide sosial yang ingin saya kembangkan adalah edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait ekonomi syariah ini baik melalui lisan seperti seminar-seminar atau kegiatan kreatif lainnya maupun secara tulisan baik formal maupun nonformal. Ini dapat diawali dari siswa dan mahasiswa, karena mereka adalah salah satu pengemban amanah sebagai agent of change di dalam dunia pendidikan. Tentu saja, ke depannya target yang lebih besar adalah masyarakat secara umum. Berikut ini adalah Tabel yang merangkum ide sosial saya.  

Minat, Hobi, Ketertarikan
Skill (Hard and Soft)
Isu Sosial
Masyarakat
Ide Sosial
Mengajar, Membaca,
Isu-isu berkaitan Ekonomi Syariah
Mengajar, Menulis, Komunikasi,
Percaya Diri
1.      Kurangnya pengetahuan masyarakat akan ekonomi syariah.
2.      Dominasi sistem ekonomi konvensional selama berabad-abad.
Siswa
Mahasiswa
Masyarakat secara umum

Edukasi dan Sosialisasi  kepada masyarakat terkait Ekonomi Syariah melalui lisan maupun tulisan

No comments:

Post a Comment