Friday 17 March 2017

Nice Homework #8 (Kelas Matrikulasi Institut Ibu Profesional)


Nice Homework (NHW) #8
Misi Hidup dan Produktivitas

Disusun oleh :
Qurroh Ayuniyyah
(Kuala Lumpur, Malaysia)


a.      Ambil satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7).
Berikut ini adalah kuadran yang saya buat di NHW#7. Ada enam peran yang saya kategorikan sebagai BISA dan SUKA yaitu communicator (senang berkomunikasi), creator (penemu inovasi), evaluator (yang mengevaluasi), motivator (senang memajukan orang lain), ambassador, dan synthesizer (educator, senang mempelajari hal baru dan menyampaikannya pada orang lain). Dari keenam peran tersebut, maka satu peran yang saya pilih adalah synthesizer-educator (pembelajar hal baru dan pendidik).


BISA

TIDAK BISA


SUKA
Communicator
Creator
Evaluator
Motivator
Ambassador
Synthesizer

Administrator
Designer
Operator


TIDAK SUKA
Distributor

Seller
Treasury
Producer
Commander



b.      Setelah menemukan satu hal, jawablah pertanyaan “BE DO HAVE” di bawah ini :
1.      Kita ingin menjadi apa? (BE)
Berdasarkan hasil tes minggu lalu dan peran yang saya pilih, maka saya semakin yakin bahwa saya ingin merealisasikan mimpi saya sebagai DOSEN.
2.      Kita ingin melakukan apa? (DO)
Saya ingin menjadi dosen yang bukan hanya sekedar mengajar (deliver the knowledge) tapi juga mendidik (educate people) dan menulis hal-hal yang bermanfaat agar ilmu saya dapat dinikmati oleh banyak orang. Saya ingin sekali banyak orang yang mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari saya di dunia dan akhirat. Selain itu, saya ingin mendidik mahasiswa dengan nilai-nilai. Bahwa mengajar bukan semata-mata saya mentransfer ilmu, tapi saya pun ingin menanamkan nilai-nilai baik kepada para mahasiswa sehingga mereka dapat bertransformasi menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya. Hal lainnya yang ingin saya lakukan sebagai dosen adalah dengan menulis karya-karya ilmiah baik melalui media formal dan non-formal yang bermanfaat bagi banyak orang.
3.      Kita ingin memiliki apa? (HAVE)
Yang ingin saya miliki adalah ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat. Jika kelak saya bertemu dengan-Nya, ada manfaat yang telah saya berikan kepada orang lain saat saya hidup. Bahkan janji-Nya adalah salah satu dari tiga hal yang akan terus mengalir meski orang tersebut telah meninggal dunia adalah ilmu bermanfaat. Dan di dalam hadist Rasulullah SAW pun dikatakan bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Jadi dua hal utama yang ingin saya miliki dari profesi dosen ini adalah : ilmu yang bermanfaat dan manfaat diri saya bagi orang lain.

c.      Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah :
1.      Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)?
Melanjutkan hal yang saya jelaskan pada poin sebelumnya bahwa yang ingin saya miliki adalah ilmu yang bermanfaat dan manfaat diri saya bagi orang lain, maka yang sebenarnya ingin saya capai adalah keridhaan-Nya. Saya meyakini bahwa kehidupan dunia yang hanya sebentar ini dibandingkan dengan kehidupan abadi di akhirat kelak harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Kehidupan di dunia ini sangat singkat, namun ia sejatinya yang menentukan apakah kelak kita akan menjadi manusia yang diridhai-Nya sehingga kita selamat di akhirat (mendapatkan kebahagiaan dan kesuksesan yang hakiki) ataukah kita malah menjadi manusia yang dimurkai-Nya sehingga kita tidak selamat di yaumil akhir (naudzubillah).
2.      Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan (strategic plan)?
Saya ingin menjadi dosen di sebuah universitas, baik di dalam maupun di luar negeri. Sudah ada universitas di Indonesia yang saya bidik sebagai home base university saya, dimana saya ingin mengabdikan diri saya. Tapi suami pun menginginkan agar kami memiliki pengalaman sebagai dosen di luar negeri dahulu agar kami kaya akan pengalaman dan ilmu dari banyak perspektif.
Selain itu, saya ingin menerbitkan jurnal ilmiah dan buku bersama dengan suami, ayah, kakak dan keluarga saya agar ilmu kami dapat dimanfaatkan secara lebih luas oleh orang lain.
3.      Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun (new year resolution)?
Dalam satu tahun ke depan, saya ingin sekali bisa lulus pendidikan Ph.D. on economics yang telah saya jalani dari bulan Februari 2014 yang lalu. Selain itu, saya ingin sekali dapat menerbitkan jurnal bersama dengan suami dan ayah saya sebanyak minimal satu hingga dua buah jurnal, serta mengikuti international conference di tiga negara.

No comments:

Post a Comment