Saturday 22 March 2014

Pernikahan (Part 5 - Selesai)


Tanggal 22 Desember pun datang begitu cepat.
Semua persiapan dijalankan dengan sepenuh hati dan semaksimal yang kami dapat lakukan.
Kami tidak menggunakan jasa wedding organizer, karena pihak keluarga dan sahabat-sahabat Papah Mamah siap membantu. Alhamdulillah… Banyak sekali pihak yang membantu keberlangsungan acara pernikahan kami. Atas jasa mereka yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu, saya ucapkan terima kasih.  Semoga Allah yang senantiasa membalas kebaikan mereka dengan balasan yang berlipat ganda. Aamiin…


Para Vendor

Vendor yang kami gunakan kebanyakan yang pernah menjadi vendor pernikahan Teh Okty tanggal 4 Juli 2011 yang lalu. Saya akan berikan list para vendor pernikahan saya sebagai bahan referensi temen-temen. Siapa tau diperlukan.  Alhamdulillah saya merasa puas dengan hasil kerja para vendor. They did their job amazingly professional.

Pertama, tempat. Kami gunakan tempat di IPB International Convention Center, karena letaknya yang startegis sehingga mudah dijangkau oleh tamu-tamu dari Bogor, Jakarta, Sukabumi, Bandung, dan kota-kota lainya. Acara akad dan resepsi pun dilakukan di tempat ini.

Kedua, catering. Nah… Catering merupakan salah satu “nyawa” utama di dalam resepsi pernikahan, karena inilah salah satu bentuk penghargaan kami kepada tamu yang telah rela menyempatkan hadir ke acara pernikahan kami. Pilihan jatuh kepada Dwi Tunggal Citra catering.

Ketiga, dekorasi. Vendor yang dipilih adalah Gutama. Alhamdulillah, Om Ino sebagai CP dari Gutama berhasil membuat dekorasi yang sesuai dengan harapan kami.

Keempat, dokumentasi. Berdasarkan rekomendasi Teh Okty, saya menggunakan jasa apa yaa…. Oh ya... GLpicture dari Bogor. They did well too.

Kelima, rias pengantin dan keluarga. Kami menggunakan jasa tante Daisy dan tim dari Rumah Pengantin, Bogor untuk mempercantik kami. Alhamdulillah kami selalu puas dengan jasa tante Daisy and the gank.

Keenam, baju pengantin dan keluarga inti. Kami menggunakan jasa Mba Ayu Dyah Andari. Saya “menemukan” Mba Ayu ini pada acara festival Jakarta Islamic Fashion Week di JCC. Saya langsung merasa klik saat melihat koleksi-koleksinya. Akhirnya kami janjian di showroom-nya yang berlokasi di Cibubur. Baju pernikahan saya sewa, sedangkan untuk keluarga inti didesign dan dijait baru. You may also see her through twitter.

Ketujuh, jilbab pengantin. Saya gunakan jasa Cahya Meytasari atas rekomendasi Mba Ayu. I was satisfied with her work. She’s still young yet shining. Hihihi… You may also see her twitter as well ;)


Para Pengisi Acara

Keberlangsungan acara pun tentunya karena didukung oleh para pengisi acara. Alhamdulillah Pak Waladan selaku MC selalu memberikan performanya yang terbaik. Beliau telah menjadi MC pernikahan keluarga kami sejak pernikahan A Irfan. Jadi lima kali sudah kami menggunakan jasa beliau.

Kekhidmatan acara akad nikah diawali dengan pembacaan Al-Quran dari Ustad Drs. H. Mahfudz Quraisy, seorang al-hafidz. Masya Allah, suaranya begitu merdu, sehingga suasana sakral pun berhasil diciptakan sedari awal acara. Saritilawah adalah A Imad.

Ijab Kabul pun dilaksanakan dan dipandu oleh Na’ib Bapak Drs. Jamaluddin dari KUA Kota Bogor. Atas permintaan Papah, pembacaan Ijab Kabul dilakukan menggunakan bahasa Arab. Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar. Saat sah, dan saya resmi menjadi istri dari Hambari Nursalam, na’ib pun mendoakan agar keberkahan senantiasa melimpahkan keberkahan atas pernikahan kami.

Selain emas, suami pun memberikan hafalan QS. Ar-Rahman sebagai mahar pernikahan. Oleh karena itu, begitu ijab Kabul selesai dilaksanakan, beliau segera membacakan QS. Ar-Rahman yang diperdengarkan pada acara tersebut. Alhamdulillah… Ternyata suami lancar membacakan ayat-ayat cinta tersebut.

Yang tidak kalah penting tentunya adalah nasihat pernikahan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Nassaruddin Umar (Wakil Menteri Agama RI) setelah proses penyerahan mahar dan penandatangan dokumen pernikahan. Masya Allah... Begitu indah nasihat-nasihat yang beliau paparkan.

“Selesaikanlah semua masalah yang Ananda berdua hadapi di atas sajadah...
Jadikan keturunan Ananda berdua tidak hanya sebagai keturunan biologis, tetapi juga sebagai keturunan ideologis, yaitu keturunan yang dapat menjadi pendakwah, penyampai nilai-nilai agama dan kebaikan.”

Bahkan saat beliau menyampaikan nasihat tersebut, saya mendengar beberapa tamu menyerukan takbir, karena merasa begitu hanyut dalam nasihat yang beliau sampaikan. Masya Allah...

Acara akad pun disempurnakan oleh pembacaan doa khutbah nikah yang disampaikan oleh Ustad Yusuf Mansur. Masya Allah... Doa yang beliau sampaikan begitu indah, lengkap, dan menyeluruh. Yang didoakan tidak hanya pengantin, tapi juga yang hadir di acara kami, bahkan seluruh masyarakat Indonesia dan umat sedunia.

Ada satu moment lucu ketika Ustad YM membaca doa. Saat Ustad YM berdoa yang isinya, “Ya Allah... Semoga yang belum memiliki jodoh segera dipertemukan dengan jodohnya...” Seketika para tamu undangan yang banyak terdiri dari para bujang yang masih single and available pun merespon, “Aamiin...” dengan volume yang membahana seluruh ruangan. Hehehehe lucu deh. Alhamdulillah prosesi akad nikah berjalan lancar dan khidmat sesuai dengan apa yang kami impikan.

Selang kira-kira dua jam pasca akad nikah, resepsi pernikahan pun diadakan. Saat resepsi dimulai, pemberi sambutan atas nama keluarga adalah A Irfan dan dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Ustad Ibdalsyah. Subhanallah, doa dari Ustad Ibdalsyah pun tidak kalah indah dan menyentuh. Alhamdulillah...

Selama resepsi berlangsung, mulai dari kami masuk, kami diiringi oleh pemain musik yang terdiri dari satu vokalis, pianis, violist, and pemain bas betot yang kesemuanya laki-laki. Alhamdulillah, lagu-lagu religi pun menemani selama tiga jam resepsi berlangsung.

Para Tamu

Alhamdulillah... Yang paling membahagiakan tentu saja doa dan kehadiran para tamu undangan. Sekitar 300 orang hadir saat akad, dan hampir 2000 orang hadir saat resepsi. Data ini kami terima setelah acara, dari vendor gedung yang memang menghitung menggunakan checker setiap para tamu yang hadir. Souvenir 1000 buah buku al-matsurat pun habis, bahkan sebagian tamu ada yang tidak kebagian...

Tamu yang hadir mulai dari keluarga besar dari Papah, Mamah, dan keluarga Kak Hambari.  Keluarga dari Amerika dan Qatar pun bahkan menyempatkan hadir. Sengaja mereka pulang beberapa minggu hanya untuk menghadiri acara pernikahan kami. Terharu. Keluarga dari Sukabumi, Bandung, dan luar kota lainnya pun hadir. Belum lagi keluarga dan kerabat dari Bogor.

Rasa haru pun lagi-lagi muncul saat tau para sahabat dan kerabat banyak sekali yang hadir. Keluarga Bunda Ning dari KL yang sengaja datang ke Bogor selama 3 hari khusus menghadiri acara pernikahan kami. Begitu pula Kak Sumayyah Abdul Azis dan kedua orang tuanya dari Melaka, Malaysia hadir khusus untuk kami. Ada juga Tita dari KL, Mba Sist dari Yogjakarta, Secha dari Jakarta dan sahabat-sahabat IIUM lainnya.

Sahabat lainnya pun hadir, seperti the Mafia, Ka Renny, C6, sahabat dari SD, SMP, SMA, dan IPB. Bahkan sebagian ada yang hadir bersama dengan orang tua dan keluarga mereka. Berasa reuni. Para guru dan dosen yang kami undang pun sebagian besar pun hadir. Lalu beberapa teman dari group ODOJ 119 pun hadir. Teman-teman dari Jakarta dan Bandung pun turut hadir. Terharu. Terharu sekali.

Tamu undangan Papah pun hadir, seperti para pengurus dan amilin BAZNAS, BRI Syariah, IPB, UIKA, MUI, Bapak Ary Ginanjar Agustian dan keluarga, Bapak Sandiaga S. Uno, dan masiiihhh banyak lagi pun hadir. Alhamdulillah... All paraise is to Allah..

Moment yang membuat saya bahagia saat resepsi salah satunya adalah saat adzan dzuhur, alhamdulillah kami bisa break sekitar 10 menit. Kami yang berada di pelaminan pun berkesempatan untuk shalat dzuhur sehingga kami tidak mengundur-ngundurkan waktu shalat. Alhamdulillah...

Epilog

Begitulah ceritanya mulai dari proses kami taaruf hingga menuju pelaminan.
Alhamdulillah, dua minggu setelah kami menikah, saya turut suami ke Kuala Lumpur. Saya melanjutkan kuliah S3 di IIUM, dan suami sedang mengerjakan thesisnya sambil mengajar.

Sengaja saya ceritakan kepada teman-teman semua untuk memberikan gambaran bahwa melalui proses yang seperti kami lakukan pun insya Allah bisa sampai ke pelaminan, asalkan kita selalu berniat baik dan melibatkan Allah di dalam setiap hal.

Tiga bulan. Masih seumur jagung pernikahan kami. Kami masih sama-sama belajar dalam mebangun rumah tangga kami. Saling adaptasi, saling menerima, dan saling mengingatkan satu sama lain.

Mudah-mudahan saya dan suami menjadi keluarga sakinah mawadah wa rahmah, dan berjodoh tidak hanya di dunia ini, tapi kelak hingga di syurga-Nya nanti. Aamiin...

*the end

16 comments:

  1. Asw. tertarik membaca proses taaruf ini. Ditengah maraknya cinta antar remaja yg kemudian kadang menjurus pada tindak criminal (kasus ade sara dan wanita yg dibunuh mantan pacarnya di daerah terogong), saya rasa cerita ini harus dikembangkan sebagai dakwah , bisa lebih disebarluaskan dan dikembangkan lagi entah dalam bentuk buku ( novel ). tapi saya ada satu pertanyaan, kenapa ketika walimah, kalian tidak memilih untuk dipisah antara tamu laki2 dan perempuan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Wr. Wb. Terima kasih sudah membaca ya. Tentang kenapa tidak dipisah, berdasarkan pengalaman, karena sebagian besar tamu yg diundang adlh keluarga (pasangan suami+istri dan anak2), akhirnya kami putuskan untuk tidak memisahkan antara perempuan & laki2 demi kemudahan para tamu.

      Delete
  2. Qorryyyy ini sangat2 menginspirasi banget ceritanyaaa. Sukaaaaaaa banget. Qorry semoga langgeng sm suami. Amin dan qorry beserta keluarga dan calon dedek selalu diberikan kesehatan. Amin amin amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya sayang udah baca sampe tuntas. Alhamdulillah kalau suka.
      Aamiin ya Rabbal aalaamiin buat doanya. Semoga Allah membalas dgn berjuta kebaikan. Aamiin..

      Delete
  3. Menginspiratif qory sukaaa... senoga langgeng yaaa
    oo iya qory aq tau qory waktu les di ka irfan wktu tpb ekum sama metstat klo ga salah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya sayang udah sempetin baca :) Alhamdulillah juga kalau menginspirasi..

      Hihi iyaaa percaya atau engga, aku masih lho nanya2 ke ka Irfan kl nemu soal2 itungan yg susah sampe S3 ini :D

      Delete
  4. huuooww...
    senangnya dapet klien bogor

    **untuk semua vendor**

    :D
    hihihi

    ReplyDelete
  5. semoga akan segera muncul "review" lebih lengkap dengan hasil foto dan video nya ya.
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, sampai sekarang belum melihat hasilnya. Semoga GLPicture segera kirim ya :) Insya Allah aku review kl udh ada.

      Delete
  6. Dear Qorry,

    Subhanallah........
    Mia tersentuh banget dengan cerita proses pernikahannya.
    Jujur ada rasa iri dihati bagaimana keseluruhan proses dilandaskan atas niat beribadah kepada ALLAH SWT.
    dan Mia pun terharu *tanpa sadar menetes air mata....... :-)

    Isi Do'a Qorry ketika masih single dan available, yaitu do'a memohon calon suami yang baik menurut ALLAH SWT sangat menyentuh hati Mia.
    Terima kasih Qorry, Mia pun akan berdoa seperti itu.......
    Do'akan Mia juga dapat jodoh yang terbaik menurut ALLAH SWT yaaa...... :-)
    Aamiiiin........

    Semoga Qorry dan suami dapat selalu menjadi keluarga yang sakinah, mawadah dan warohmah.....

    Salam,
    Mia (Mene 41)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Ka Mia..
      Terima kasih udah sempetin baca. Alhamdulillah kalau cerita ini bisa memberikan motivasi kebaikan bagi yg lain :)

      Bahagia rasanya..

      Iya kak Mia, kalau dari pengalaman aku, doa untuk dapatkan jodoh yg terbaik itu bener2 penting. Dan semua jalan untuk menemukan jodoh yg aku alami lwt dr pintu yg ga diduga2 sebenarnya.

      Beberapa bulan sblm suami ngajukan diri, aku udah bikin CV pernikahan. Pdhl belum tau siapa yg jadi calonnya. Tp ya krn aku khusnudzon sm Allah, ternyata CV-nya terpakai jg :D

      Aamiin.. Terima kasih atas doanya ka. Semoga tahun ini kakak segera dipertemukan dgn jodoh terbaik di mata-Nya. Aamiin..

      Delete
  7. wah...udah lumayan Lama juga yah... file asli blm dikasih juga kah??

    ReplyDelete
  8. mbak saya tertarik dgn gaunnya ayu dyah andari juga. apakah ada no kontak yg bisa dihubungi?

    ReplyDelete
  9. Blognya bagus banget kak ^^
    Selamat pagi kakak. :) maaf numpang promosi ya. ^^
    Ada yang mau nikah? Tapi masih bingung cari Wedding Organizer yang profesional? Rias pengantin yang bagus dan *manglingi? Dan catering yang halal,enak, murah dengan penataan yang bagus?
    Gak cuma catering untuk nikahan aja lho, ada juga nasi box, racikan dan nasi bancakan. Rias untuk pengantin,wisuda,persewaan kebaya/beskap juga bisa. Yuk cek paket paket hemat kami di link kami http://www.bumentik.com dan http://dekorasipernikahanjogja.com/

    ReplyDelete
  10. https://kontraktorpartisipameranmurah1.wordpress.com
    http://partisipameranayu.blogspot.co.id
    http://kontraktorpartisipameranmurah2.wordpress.com
    http://kontraktorpartisipameranmurah3.wordpress.com
    http://kontraktorpartisipameran1.blogspot.co.id
    http://partisipameranmurah1.wordpress.com
    http://sewapartisiindonesia.blogspot.co.id
    http://partisipameran-gntec.blogspot.co.id
    http://sewapartisiindonesia.blogspot.co.id
    http://jualsewapartisipanelna.blogspot.co.id/
    https://sewapartisipameran1.blogspot.co.id
    http://sewapartisipamerangntec.blogspot.co.id/
    http://partisipanelphoto.blogspot.co.id/
    http://standpamerangoodnews.blogspot.co.id/
    http://partisipameran3.wordpress.com
    http://partisipameran4.wordpress.com
    http://partisipameran5.wordpress.com
    http://partisipameran6.wordpress.com
    http://kontraktorpamerantangerang1.blogspot.co.id/
    https://youtu.be/8W6NOqK6LBk
    http://partisipameran2.wordpress.com
    https://partisipameran1.wordpress.com/
    http://pusat-penyewaan-partisipameran.blogspot.co.id/
    https://prezi.com/v2nxdmpnzfou/partisi-pameran-085100463227/
    http://sewa-partisi.blogspot.co.id/
    http://kontraktorpartisipameran1.blogspot.co.id/
    http://kontraktorpartisipameranmurah1.weebly.com/
    https://partisipameranjakartatangerang.wordpress.com/
    https://www.linkedin.com/in/partisi-pameran-28392413a/
    http://kontraktorpartisipameranmurah1.over-blog.com/
    http://partisipameranratuayu.blogspot.co.id/2016/05/partisi-pameran-standar.html
    https://jualsewapartisipameranmoti.blogspot.co.id/
    https://jualanekatendaroder.wordpress.com/
    http://sewapartisign.blogspot.co.id
    http://goodnewstenda.blogspot.co.id/
    https://jualroder.wordpress.com/
    http://jualanekatendaroder.blogspot.co.id/
    http://jualanekatendagoodnews1.blogspot.co.id
    https://tendarodergntec.wordpress.com/
    https://www.linkedin.com/in/partisi-pameran-murah-aab839140/
    http://partisipamerangn.blogspot.co.id/
    https://tendaroderindonesia.wordpress.com/
    http://jualanekatendagoodnews1.blogspot.co.id/
    https://tendakerucutgoodnews.wordpress.com/
    https://jualriggingalumuium.wordpress.com/
    http://pabrik-tenda-murah.blogspot.co.id/
    http://pabriktendagoodnews1.blogspot.co.id
    http://anekatendagoodnews.blogspot.co.id/
    https://tendasarnavile.wordpress.com/
    https://tendasarnavilegntec.wordpress.com/
    https://tendasarnavileonline.wordpress.com/
    http://partisipamerantangerang.blogspot.co.id/
    http://jualtendapleton1.blogspot.co.id/
    http://sewapanelphoto1.blogspot.co.id/
    http://partisipameranmoti.over-blog.com/
    https://www.youtube.com/watch?v=ZS9J1z2qtOo
    https://youtu.be/dF-SWLpCTS8
    http://dijualtendagoodnews.blogspot.co.id/
    http://gatebalontangerang.blogspot.co.id/
    http://tendasarnafiltangerang1.blogspot.co.id/




    ReplyDelete
  11. Assalamu'alaikum kak Qorry, saya sangat terharu bacanyaa.. Inspired bgtt.. Semoga keluarganya selalu dalam lindungan Allah

    ReplyDelete