Friday 9 December 2011

Doa


Assalamualaikum Sahabat..


Pagi ini saya akan membahas tentang "Doa". Yup tentang doa.. 
Menurut saya, doa merupakan topik yang selalu sesuai kapan pun dan dimana pun, karena hal ini terkait dengan kehidupan kita sehari-hari.

Saya merasa bahwa semua hal yang sudah saya alami, terutama nikmat dari-Nya (juga sedikit ujian dari-Nya), adalah semata-mata karena memang Allah-lah yang menggariskan hal tersebut untuk saya. Oleh karena itu, saya merasa bahwa usaha dan ikhtiar yang saya lakukan hanya menentukan 1 persen dari keberhasilan yang pernah dan akan saya raih. 99 persen sisanya adalah kehendak Allah...

Saya berbicara ini bukan berarti saya mengesampingkan makna “effort” alias usaha untuk kita mencapai tujuan kita. Bukan.. bukan itu maksudnya.. Tapi yang saya maksud di sini adalah saya sadar sekali bahwa doa menjadi elemen yang paling penting dalam setiap ikhtiar yang saya lakukan. Saya menyadari bahwa ada faktor eksternal yang lebih menentukan atas hasil dari usaha saya,  yaitu kehendak Allah

Bahkan, para nabi dan rasul yang dijamin kemuliannya pun menjadikan doa sebagai senjata mereka dalam usaha penyampaian ajaran-Nya kepada para manusia atau saat mereka menemukan tantangan dalam hidupnya. Salah satunya adalah doa nabi Yunus yang terkenal yang terdapat di dalam dua buah hadist.

“Ya Allah, hanya kepada-Mu aku berharap, dan janganlah Engkau berpaling dari diriku sekejap saja dan bereskan kelakuanku. Tiada Tuhan selain Engkau.” (HR. Bukhari)

“Tidaklah Allah tidak mengabulkan doa yang menggunakan: ‘Laailaaha illa anta subhanaka inni kuntum minadz dzaalimiin’ (Tiada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang dzalim).” (HR. Hakim)

Hal ini menunjukkan bahwa doa memiliki peran penting dalam kehidupan kita. Mengapa? Karena doa adalah puncak dari ibadah. Shalat pun sebenarnya doa. Puasa pun sebagai media kita dalam berdoa dan memohon kepada Allah. Dan segala macam bentuk ibadah lainnya yang kita lakukan adalah doa. Karena inti dari agama adalah doa dan ikhtiar yang merefleksikan betapa kita membutuhkan Allah. Betapa kita tidak ada apa-apanya tanpa pertolongan Dia. Karena Dialah sesungguhnya alasan mengapa kita hidup di dunia ini..

Yakinlah bahwa PASTI Allah mengabulkan doa setiap hamba-Nya yang beriman, dengan cara-Nya yang paling indah, yang paling sesuai dengan kebutuhan kita, dan pada waktu yang terbaik dikabulkannya doa tersebut bagi kita.. Karena tiada yang mustahil bagi-Nya.

“Sesungguhnya urusan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu Dia hanya berkata kepadanya, ‘Jadilah!’ Maka jadilah sesuatu itu.” (QS Yasin: 82)

Jadi.. Sudahkan teman-teman berdoa hari ini? :)

Wassalamualaikum.. 

No comments:

Post a Comment