Monday 13 January 2020

Projek Membumikan Ekonomi Syariah

Bismillahirrahmanirrahiim..

Di telur orange yang lalu, saya telah mengerucutkan kembali dua ilmu yang ingin saya pelajari lebih dalam yaitu:
1. Manajemen Prioritas
2. Ilmu Ekonomi Syariah baik teori maupun tataran praktis.

Pada bagian projek, saat ini yang diprioritaskan adalah pada poin nomor 2 yaitu terkait dengan Ilmu Ekonomi Syariah. Entah mengapa ketika saya mendapatkan gelar formal doktor ekonomi dari IIUM ini, ada sebuah beban dan amanah bagaimana ilmu ini bisa bermanfaat tidak hanya bagi diri saya sendiri. Saya ingin menjadi pemain aktif dakwah terutama untuk membumikan Ekonomi Syariah ini.

Tujuan projek terkait ilmu tersebut adalah sebagai berikut:
1. Sebagai bentuk ibadah saya kepada Allah.
2. Memiliki ilmu pengetahuan yang bermanfaat, yang diharapkan dapat menjadi amal jariyyah saya.
3. Membumikan Ekonomi Syariah

Namun sejujurnya projek ini masih sangat luas. Saya baru terpikirkan garis besarnya saja. Secara umum yang  ingin dilakukan:
1. Mengisi kajian-kajian baik secara online maupun offline sesuai dengan kapasitas saya.
2. Menulis buku terkait dengan ekonomi syariah.
3. Menulis jurnal artikel ilmiah minimal 2 hingga 3 buah dalam 1 tahun.
4. Menulis artikel populer sesuai dengan area saya minimal 2 hingga 3 buah dalam 1 tahun.

Dan memang keempat poin di atas merupakan projek dengan jangka waktu yang cukup panjang. Dalam satu hingga dua bulan ke depan, mungkin saya dapat memulai sedikit demi sedikit apa yang menjadi rencana saya tersebut.

Yang harus dipersiapkan:
1. Perbanyak membaca dan mendengar, terutama pada dua bidang yang ingin saya dalami.
2. Membuat timeline waktu dan target yang measurable, achievable, dan real agar lebih tertata jelas.
3. Mulai menulis dan menulis. Fokus pada tujuan yang telah ditetapkan.

Sumber bacaan:
1. Al-quran dan hadist.
2. Buku-buku yang berkaitan dengan Ekonomi Syariah.
3. Jurnal-jurnal yang berkaitan dengan Ekonomi Syariah.
4. Seminar-seminar atau workshop yang berkaitan dengan ilmu yang ingin didalami.


No comments:

Post a Comment