Wednesday 20 September 2017

Tantangan 10 Hari Game Level 4 Day 14

Beberapa hal yang saya perhatikan terkait dengan gaya bermain dan belajar Afifa di hari ke-14 ini adalah sebagai berikut:

Auditory
Di perjalanan pulang dari kampus, saya dan suami sedang mengobrol bersama. Kebiasaan Afifa adalah ia selalu ingin 'nimbrung' dan get involved di dalam pembicaraan kami. Suatu saat, Afifa ingin sesuatu saat saya dan suami sedang asyik mengobrol. Tidak sengaja saya sedikit berteriak, "Iya sayang.." kepada Afifa. Meski ada kata sayang tapi disampaikan dengan nada yang tinggi. 
A: "Mama jangan marah donk."
M: "Mamah ga marah sayang."
A: "Tapi tadi Mamah 'iya sayang!' (Sambil menggunakan nada tinggi) bukan 'iya sayang..' (sambil memelankan suaranya)"
M: "Ya ampun iya mama minta maaf ya.. Mama ga marah ko. Mama sayang Afifa."
A: "Afifa sayang Mama."
Disitu saya menilai bahwa Afifa sangat peka sekali dengan perkataan, gaya bicara, picth control, tinggi rendahnya intonasi suara.. huhu.. maafkan Mama sayang..
Dan di kesempatan lain saat ada teman-teman saya datang ke rumah, kami mengobrol, Afifa duduk manis di samping kami. Kemudian ada salah satu dari kami yang berkata "Ar-Rahman.. Ar-Rahiim.." refleks saat mendengar dua Asmaul Husna tsb Afifa langsung bernyanyi "Ya Allah.. Ya Rahman.. Ya Rahiim.. Ya Malik.." dst. Hehehe..

Visual
Karena mendadak saya harus ke kampus, akhirnya hari ini saya membawa Afifa ke kampus. Setelah urusan saya selesai, saya membawa Afifa berjalan-jalan di sekitar kampus. Sepanjang jalan, Afifa benar-benar mengamati dan mengomentari apa yang ia lihat. "Mamah.. itu sungainya coklat ya? Kenapa ya? Mamah.. itu burung-nya ada yang besar ada yang kecil.. mamah.. itu hujannya banyak ya, kena muka Afifa.. mamah.. mamah.." hehehehe..

Kinestetik
Saya perhatikan bahwa jika dibawa ke dalam suatu majelis ilmu, atau dibawa ke restoran, Afifa itu relatif bisa duduk anteng, selama ada kesibukan yang dikerjakannya. Misalnya saat ada pengajian di rumah saya hari ini, Afifa sangat anteng karena sambil bermain boneka. Atau saat di kampus ia bisa duduk anteng di cafe sambil menunggu dijemput Papanya, sambil makan biskuit dan minum youghurt kesukaannya.

#Tantangan10hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#Day14

No comments:

Post a Comment