Thursday 9 April 2020

Hari 17

Boleh ya saya jelaskan sedikit apa hal baru yang ingin saya perkenalkan di jurnal saya. Seperti yang telah saya jelaskan di hari ke-12, CIBEST model mengklasifikasikan rumah tangga ke dalam 4 kuadran. Nah penelitian saya ingin melihat kondisi para penerima zakat sebelum dan sesudah mereka memperoleh zakat. Apakah ada perubahan baik secara material, spiritual ataupun keduanya? Mampukah program distribusi dan pendayagunaan zakat memberikan efek positif terhadap para penerima zakat?

Nah pergerakan rumah tangga mustahik sebelum dan sesudah menerima program zakat inilah yang saya klasifikasikan. Ada 8 jenis pergerakan yang mungkin terjadi.

Pertama: materially and spiritually better off movement.
Merupakan pergerakan rumah tangga mustahik zakat di mana mereka dapat memperbaiki kondisi materi dan spiritual mereka secara bersamaan setelah mendapatkan zakat.

Kedua, materially better-off moverment. Yaitu pergerakan mustahik yang tadinya miskin materi menjadi di atas garis kemiskinan. Sedangkan kondisi spiritualnya tetap.

Ketiga, spiritually better off movement. Yaitu pergerakan di mana mustahik menjadi lebih baik level spiritualitasnya, sedangkan kondisi materinya tetap.

Keempat, materially worse off movement. Yaitu pergerakan di mana justru mustahik zakat memiliki level materi yang lebih buruk, sedangkan level spiritualitasnya tetap.

Kelima, spiritually worse off movement. Keadaan dimana mustahik zakat memiliki level spiritual lebih buruk, sedangkan level materinya tetap.

Keenam, materially better off but spiritually worse off movement. Keadaan dimana mustahik zakat bergerak menuju level materi yang baik tetapi memiliki level spiritual lebih buruk.

Ketujuh, spiritually better off but materially worse off movement. Ini merupakan kebalikan dari yang keenam.

Kedelapan, materially and spiritually worse off movement. Pergerakan ini kebalikan dari pergerakan yang pertama.

Demikian report hari ini. So I would like to give “Very good” badge for me today! Alhamdulillah..

#Tantangan30hari
#BundaCekatan
#KelasKepompong
#InstitutIbuProfesional

No comments:

Post a Comment