Wednesday 25 October 2017

Meningkatkan Kecintaan Membaca Part 1

Alhamdulillah.. kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional pada caturwulan kedua ini sudah dimulai. Tema yang diangkat adalah terkait dengan menumbuhkan kecintaan membaca di dalam keluarga. Tema ini sangat menarik karena membaca memiliki kedudukan penting di dalam kehidupan kita. Ia merupakan salah satu tonggak peradaban dan penentu kemajuan suatu bangsa. Bahkan saking pentingnya membaca, perintah pertama yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Rasulullah SAW adalah membaca (lihat QS. Al-Alaq ayat 1-5).

Membaca tentu saja tidak sekedar membaca buku. Tapi lebih dari itu. Manusia diharapkan dapat membaca ayat-ayat kauliyyah (Al-Quran) dan juga ayat-ayat kauniyyah (alam semesta). Dan ini merupakan dua aspek penting yang tidak dapat dipisahkan di dalam proses belajar mengajar. Tentu saja saya menginginkan kelak Afifa memiliki kemampuan yang mumpuni dalam membaca ini.

Alhamdulillah ternyata kegiatan membaca merupakan salah satu aktivitas favorit Afifa. Saya telah mengenalkan buku dan membaca kepadanya sejak masih di dalam kandungan. Saat saya hamil, saya cukup banyak membaca buku baik buku kuliah maupun buku-buku terkait dengan kehamilan, asi, menyusui, dan parenting. Pun sejak Afifa belum genap berusia 1 tahun, saya pun sudah membacakannya buku mulai dari soft book, hingga sekarang ia hampir berusia 3 tahun dalam beberapa hari lagi Afifa terbiasa membaca buku hard book.


Sejujurnya saya belum sempat menyiapkan pohon literasi. Tetapi itu tidak menghalangi kegiatan membaca kami setiap harinya. Seperti hari ini, Afifa pun meminta saya untuk membacakannya buku. Yang ia pilih adalah buku "Busy Baking". Ini merupakan salah satu buku favoritnya.



Afifa dan Busy Baking book

Saat dibacakan


Ini contoh membaca buku "Busy Baking" beberapa waktu yang lalu

Selain Afifa, saya dan suami pun akan mulai membaca lagi. Buku yang akan saya baca terutama terkait dengan penelitian saya. Sedangkan suami belum mengkomunikasikan buku apa yang hendak dibacanya. Hihi... Semoga kami istiqamah :)



No comments:

Post a Comment