Sunday 23 February 2020

Saling Memberi Hadiah


Di dalam sebuah HR. Bukhari dalam Adabul Mufrad, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tahaaduu, tahabbuu..” yang artinya, “Hendaklah kalian saling memberi hadiah, Niscaya kalian akan saling mencintai“.

Juga di dalam sebuah HR. Bukhari dikatakan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menerima hadiah dan biasa pula membalasnya.”

Alhamdulillah di pekan 6 Kelas Buncek, kami diminta untuk saling memberi hadiah kepada minimal 3 orang teman dari tugas pekan lalu sesuai dengan kebutuhan masing-masing, atau sesuai dengan jurusan Keluarga favorit.

Sebelum saya memulai, Bunda Nabila Dari IP Madura-Surabaya memberikan hadiah terlebih dahulu kepada saya berupa materi terkait bagaimana Rasulullah SAW mentarbiyyah finansial kepada keluarganya. Saya terharu di situ. Ternyata se-indah itu ya dapet hadiah yang sesuai dengan apa yang kita minati.






Kemudian saya pun mulai menyiapkan hadiah untuk kelima teman Buncek yang pekan lalu saya berkenalan lebih dalam. Pertama, Bunda Gita dan Bunda Yulita dari IP Tangerang Selatan. Karena keluarga favorit mereka adalah Keluarga Finansial, maka saya memberi mereka sebuah e-book yang saya tulis sendiri dengan judul “Manajemen Keuangan Sederhana”. E-book ini saya tulis tahun lalu sebagai hadiah bagi peserta Kulwhap “Femininitas”, salah satu rangkaian dari Kulwhap Marathon dalam rangka 1st Anniversary IP Asia.


Alhamdulillah dari Bunda Gita saya mendapatkan balasan hadiah berupa informasi terkait Sukuk Ritel 012. Kebetulan saya tertarik untuk berinvestasi di sukuk ritel. Bunda Gita pun memberikan link ini:

Begitu pula Bunda Yulita memberikan hadiah balasan  berupa excel sheet terkait hitungan untuk tujuan investasi yang bisa diutak-atik sesuai tujuan masing-masing keluarga. Alhamdulillah sangat bermanfaat. Karena saya belum punya sheet seperti ini.

Kedua, untuk Bunda Nabila saya persiapkan e-book terkait dengan “Enam Destinasi Wisata di Kuala Lumpur dan Sekitarnya” karena keluarga favorit beliau adalah keluarga “Edu Travel and Fun”. Saya ingat sekali Bunda Nabila pernah bilang bahwa beliau ingin menjadikan travelling sebagai salah satu program pendidikan bagi anak-anaknya. E-book ini saya ambil dari Facebook “Jelajah IP Asia di Malaysia” sebagai salah satu program 2nd Anniversary IP Asia beberapa waktu lalu. Kemudian saya tambahkan beberapa dokumentasi pribadi dan beberapa rekomendasi kuliner favorit keluarga kecil saya di Malaysia.



Ketiga, untuk Bunda Elok Wardaniyah dari IP Jombang, saya berikan dua buah buku berjudul “Seni Manajemen Emosi” dan “Ah.. Sudahlah Manajemen Ragam Masalah Emosi for Teen”. Bunda Elok berkata bahwa Keluarga Manajemen Emosi adalah keluarga favoritnya… Kedua buku ini saya beli di salah 1 aplikasi belanja online tanah air, sehingga meski fisik saya di Kuala Lumpur, saya tetap bisa melakukan pembelian dan langsung mengirimnya ke alamat rumah Bunda Elok. Ahh… Alhamdulillah ini semua karena fasilitas teknologi yang mendukung… Awalnya saya ingin memberikan buku berjudul “Buku Pintar Manajemen Stress dan Emosi”. Qadarullah ternyata setelah melakukan pembayaran, ternyata penjualnya menghubungi saya mengatakan bahwa buku tersebut habis. Alhamdulillah juga ternyata Bunda Elok memberikan saya hadiah berupa e-book berjudul “Mengenal Ekonomi Syariah” karya Madziatul Churiyah. Seneng deh…





Terakhir, untuk Ka Mia dari IP Gresik, saya agak cukup kesulitan memutuskan akan memberikan hadiah apa untuknya karena beliau memiliki minat di Keluarga Senior Kebal (Kesenian, Olah Raga, Kesehatan dan Herbal).. Akhirnya saya memutuskan untuk memberikan hadiah minyak aroma therapy untuk flu dan batuk pada anak. Sama halnya hadiah untuk Bunda Elok, hadiah untuk Ka Mia ini aku belikan di salah satu aplikasi belanja online tanah air.


Alhamdulillah… memang selalu menyenangkan ketika bisa berbagi dengan yang lain. Semoga semuanya bahagia dan mendapatkan hadiah yang bermanfaat. Semoga kita semua bisa menjadi orang-orang yang dermawan dan senantiasa berbagi di dalam kebaikan. Aamiin…

#janganlupabahagia
#jurnalminggu6
#materi6
#kelasulat
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

No comments:

Post a Comment