Monday 4 December 2017

Game Level 6 Math Around Us: Day 13

Kegiatan belajar matematika hari ini dilakukan melalui permainan puzzle. Sebenarnya puzzle ini sudah cukup lama dibeli, tapi saat itu usia Afifa yang masih 2 tahun sepertinya belum begitu tertarik untuk memainkan puzzle yang kami beli tersebut.

Puzzle terdiri dari 4 jenis puzzle berdasarkan jumlah puzzlenya. Semakin sedikit dan besar jumlah serta ukuran puzzle, maka semakin mudah. KeEmpat jenis puzzle tersebut terdiri dari 4 buah, 6 buah, 9 buah dan 16 buah. 

Pelajaran matematika yang dilakukan adalah tentu saja dengan mencocokan jenis bentuk puzzle sehingga puzzle dapat terbentuk dengan sempurna.

Saat puzzle itu dikeluarkan setelah sekian lama, Afifa sangat antusias. Ibaratnya ia menemukan “harta karun” baru yang amat berharga. “Mamah, ini apa? Afifa mau main donk..” katanya. “Puzzle.. boleh donk..” jawab saya.

Akhirnya dia pun memainkan puzzlenya. Ternyata untuk puzzle 4 buah, Afifa langsung bisa, meskipun belum menggunakan kaidah kiri-kanan-atas-bawah. Untuk puzzle 6, 9 dan 16 masih harus saya bantu terutama saat menentukan puzzle pertama paling pojok kiri. Alhamdulillah sekitar setengah jam Afifa anteng bermain puzzle. Dia ulang hingga 2 kali dari masing-masing puzzle.

Setelah itu, Afifa pun bermain “mengumpulkan warna”. Bagian belakang puzzle 4, 6, 9 dan 16 memiliki warnanya masing-masing seperti merah, oranye, biru, dan hijau. Kemudian saya meminta Afifa untuk mengumpulkan puzzle-puzzle tersebut berdasarkan warnanya. Alhamdulillah Afifa sangat antusias dan langsung bisa mengelompokan puzzle berdasarkan warnanya tersebut.

#Day13
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

No comments:

Post a Comment