Tuesday 24 March 2020

Hari 1: What is my plan?

Bismillah..


Melihat kembali mind map saya, salah 1 output yang ingin saya capai adalah dengan memiliki tulisan-tulisan, agar ilmu saya terdokumentasi, dapat menjadi legacy, dan semoga bermanfaat dunia akhirat. Aamiin..


Maka.. Untuk tantangan 30 hari kelas kepompong Buncek ini, saya akan men-challenge diri saya untuk menulis jurnal ilmiah untuk dipublikasikan yang berkaitan dengan ekonomi syariah. Karena suasana hati saya yang saya rasakan agak cukup berat akhir-akhir ini, saya akan memulai menulis yang berkaitan dengan topik disertasi S3 saya yaitu tentang Zakat. Jurnal ini akan saya coba submit ke International Journal of Zakat/IJAZ (Badan Amil Zakat Nasional), yang deadline pengumpulannya bulan Mei ini.


Jurnal saya akan menceritakan tentang bagaimana dampak zakat terhadap kondisi material dan spiritual penerima zakat, di beberapa kota dan kabupaten di Jawa Barat. Tetapi yang akan saya lebih fokuskan adalah pada alat ukur kesejahteraan bernama “CIBEST Model” yang ditemukan oleh Dr. Irfan Syauqi Beik dan Dr. Laily Dwi Arsyianti. Di jurnal ini saya akan mempresentasikan “temuan” saya atas modifikasi dari CIBEST model ini. Referensi utama adalah disertasi saya.


Namun mungkin hasil akhir dari jurnal ini hanya akan saya publish jika jurnal tersebut sudah publish di IJAZ ya. Mungkin di report T30H akan saya berikan sebagian preview yang akan dipublish.


Dari sini saya juga ingin membuat tulisan jurnal ini sebagai versi “koran”-nya, agar lebih memasyarakatkan lagi. Jadi rencana satu ini terdiri dari: 1 jurnal ilmiah dan 1 kolom tulisan koran.


Kedua, saya menerima challenge project “book chapter” dari Dr. Irfan Syauqi Beik tentang spirit dari tujuan syariah (maqashid syariah) dalam rangka melihat kondisi pandemi covid-19 ini. Insya Allah buku ini akan diterbitkan keseluruhan oleh penerbit di UK. Sebenarnya ini tugas yang cukup berat. Tapi kenapa saya tidak mencoba dalam 30 hari ke depan menulis ini? Karena topiknya baru, mungkin di akhir bulan, belum semua tulisan saya rampungkan karena selama 30 hari ini saya akan banyak membaca referensi terkait topik ini sebelum bisa menuangkannya ke dalam sebuah tulisan. Berbeda dengan dua tulisan pertama yang referensinnya sudah saya banyak baca selama menulis disertasi ini.


Tulisan T30 ini akan saya dedikasikan untuk membuat “daily report” tentang progress menulis saya ini. Jadi kalau saya boleh rangkum, target saya selama 30 hari ke depan adalah membiasakan kembali untuk menulis dengan 3 output yang saya sebut tadi yaitu: jurnal, artikel koran dan terakhir 1 bab buku.


Saya menentukan standar penilaian sebagai berikut:

  1. Excellent, jika saya membaca referensi minimal 60 menit atau menulis minimal 60 menit atau keduanya.
  2. Very good, jika saya membaca referensi minimal 30 menit atau menulis minimal 30 menit atau keduanya.
  3. Fair, jika saya membaca referensi kurang dari 30 menit atau menulis kurang dari 30 menit.
  4. Need improvement, jika saya baru memulai di pikiran saja. Hehe alias tidak ada progress yang terukur.


Hari ini saya belum memulai secara real untuk menulis ataupun membaca referensi untuk tulisan spesifik saya. Tapi saya sudah mulai membrainstroming diri saya terkait poin-poin apa saja yang akan saya tuliskan (terutama di dua tulisan pertama). Maka badge saya untuk hari ini adalah “Need Improvement” ♥️ ga apa-apa, kita mulai pelan-pelan asalkan istiqomah yah.


Bismillah yah..


Sekali lagi, saya mohon maaf jika tulisan ini tidak ada gambar-gambar pendukung, karena aplikasi yang belum support. 


#tantangan30hari

#kelaskepompong

#bundacekatan

#institutibuprofesional


No comments:

Post a Comment